ANALISIS SIYASAH TANFIDZIYAH TERHADAP IMPELEMENTASI PERATURAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG NOMOR 2 TAHUN 2008 TENTANG PEMELIHARAAN KEBUDAYAAN LAMPUNG (Studi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung)

Risyad, Ilmiadi Badi Zikri (2023) ANALISIS SIYASAH TANFIDZIYAH TERHADAP IMPELEMENTASI PERATURAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG NOMOR 2 TAHUN 2008 TENTANG PEMELIHARAAN KEBUDAYAAN LAMPUNG (Studi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RISYAD.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sebagai warisan masa lalu, cagar budaya menjadi penting untuk dipertahankan keberadaanya karena cagar budaya bagian integral dari kebudayaan secara keseluruhan. Di dalam Pasal 11 Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Pemeliharaan Kebudayaan Lampung ditegaskan bahwa perlindungan terhadap eksistensi cagar budaya dipahami dengan upaya pencegahan dan menanggulangi dari kerusakan, kehancuran, kemusnahan yaitu dilakukannya penyelamatan, pengamanan, zonasi, pemeliharaan dan pemugaran cagar budaya. Rumusan Masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana implementasi Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Pemeliharaan Kebudayaan Lampung. (2) Bagaimana analisis Siyasah Tanfidziyyah terhadap implementasi Pasal 11 Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Pemeliharaan Kebudayaan Lampung . Tujuan Masalah dalam penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui implementasi Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Pemeliharaan Kebudayaan Lampung. (2) Untuk mengetahui analisis siyasah tanfidziyyah terhadap implementasi Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Pemeliharaan Kebudayaan Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu, field research (lapangan) penelitian lapangan. Teknik pengambilan data menggunakan sumber data primer yang di peroleh dari hasil wawancara, serta dokumentasi dan sumber data sekunder yang di peroleh dari beberapa buku, jurnal, dan website yang relevan dengan judul penelitian ini. Analisa data yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu, dekriptif kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Implementasi Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Pemeliharaan Kebudayaan Lampung sudah terlaksana secara maksimal karena dalam pemeliharaan cagar budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung dalam pasal 11 menyatakan Pemeliharaan Kebudayaan Lampung yang berkenaan dengan kepurbakalaan, kesejarahan, nilai-nilai tradisional dan museum dilakukan melalui Pengumpulan, pengkajian, perawatan, pengamanan, pemanfaatan benda-benda hasil budaya alam dan lingkungannya. Sedangkan Analisis siyasah tanfidziyyah terhadap implementasi Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 2 tahun 2008 Tentang iii Pemeliharaan Kebudayaan Lampung secara umum sudah menjalankan pelaksanaan dari peraturan yang sudah diatur dengan konsep yang terkandung dalam siyasah tanfidziyyah yaitu amanah. Hal ini dibuktikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung dan Museum Lampung sudah melakukan pemeliharaan, perlindungan, dan pemanfaatan terhadap Pemeliharaan Kebudayaan Lampung. Kata kunci : cagar budaya, implementasi, siyasah tanfidziyyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:26
Last Modified: 20 Nov 2023 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31126

Actions (login required)

View Item View Item