PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUTONOMOUS LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS IV SDN 2 TRIBUDISYUKUR

WIDYA, DWI TANTIKA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUTONOMOUS LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS IV SDN 2 TRIBUDISYUKUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI WIDYA DWI TANTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian di SDN 2 Tribudisyukur Lampung Barat dilatar belakangi oleh pembelajaran dengan metode eksperimen dengan melakukan model pembelajaran autonomous learning berbantu media audio visual (video). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran autonomous learning berbantu audio visual terhadap pemahaman konsep matematika anak kelas IV SDN 2 Tribudisyukur. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis One Group Pretest-Postest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas IV SDN 2 Tribudisyukur, yang memiliki satu kelas. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas kelas IV SDN 2 Tribudisyukur berjumlah 30 anak. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas dan homogenitas dengan rumus Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak dan homogeny atau tidak. Pengolahan analisis data kuantitatif dengan menggunakan alat bantu program SPSS 25. Hasil penelitian ini menujukkan terdapat pengaruh model pembelajaran autonomous learning berbantu media audio visual terhadap pemahaman konsep matematika anak kelas IV SDN 2 Tribudisyukur. Hasil uji Paired Sample T-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sesuai dengan kriteria jika nilai signifikan < 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran autonomous learning berbantu media audio visual terhadap pemahaman konsep matematika anak kelas IV SDN 2 Tribudisyukur. Rekomendasi pada penelitian ini adalah untuk sekolah, melalui dengan adanya penelitian ini diharapkan lebih meningkatkan sarana dan prasaran pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika anak. Kata Kunci : Model Pembelajaran Autonomous Learning, Audio Visual, Pemahaman Konsep Matematika iii ABSTRACT The research at SDN 2 Tribudisyukur West Lampung was motivated by learning using experimental methods by carrying out an Autonomous Learning learning model assisted by audio video. This research aims to determine the effect of the audio-visual assisted independent learning model on the understanding of mathematical concepts in class IV children at SDN 2 Tribudisyukur. The research used was quantitative One Group Pretest-Posttest Design type. Data collection techniques use tests and documentation. The population in this study were all students in class IV of SDN 2 Tribudisyukur, who had one class. The sample in this study was class IV of SDN 2 Tribudisyukur, totaling 30 children. The data analysis technique in this research uses the t-test to answer the hypothesis. Test normality and homogeneity using the Kolmogorov Smirnov formula to determine whether the data is normally distributed or not and homogeneous or not. Processing quantitative data analysis using SPSS 25 program tools. The results of this research show that there is an influence of the independent learning model assisted by audio-visual learning on the understanding of mathematical concepts in class IV children at SDN 2 Tribudisyukur. The results of the Paired Sample T-test show a significant value of 0.000 < 0.05. In accordance with the criteria, if the significant value is <0.05, it means that Ho is rejected and Ha is accepted. This means that there is an influence of the independent learning model assisted by audio-visual learning on the understanding of mathematical concepts of class IV children at SDN 2 Tribudisyukur. The recommendations in this research are for schools. Through this research, it is hoped that learning facilities and infrastructure will be further improved to increase children's understanding of mathematical concepts. Keywords: Autonomous Learning Model, Audio Visual, Understanding Mathematical Concepts

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Nov 2023 08:03
Last Modified: 17 Nov 2023 08:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31123

Actions (login required)

View Item View Item