PENGARUH FAKTOR EMOSIONAL DAN RASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA MEMILIH PRODUK SIMPANAN CERIA PRIMA (Studi Pada BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Gading Rejo)

Adi, Bagus Saputra (2023) PENGARUH FAKTOR EMOSIONAL DAN RASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA MEMILIH PRODUK SIMPANAN CERIA PRIMA (Studi Pada BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Gading Rejo). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi ADI BAGUS SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku pembelian konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pribadi, sosial, dan psikologi. Dalam faktor psikologi konsumen terdapat beberapa tolak ukur, diantaranya adalah faktor emosional , yang merupakan dorongan dalam diri nasabah untuk memutuskan memilih suatu produk berdasarkan pertimbangan perasaan kenyamanan, keamanan, serta status sosialnya, dan faktor rasional dari cara berfikir nasabah ketika memilih produk-produk yang lebih banyak mendatangkan manfaat dari produk tersebut dengan mempertimbangkan kemudahan, keuntungan, serta kehandalannya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Faktor Emosional dan Faktor Rasional terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Simpanan Ceria Prima pada BMT Assyafi’iyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis dari penelitian ini deskriptif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 754 anggota dengan sampel sebanyak 88 orang. Berdasarkan hasil uji menunjukkan bahwa variabel faktor rasional berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan produk Ceria Prima. Berdasarkan hasil uji menunjukkan bahwa variabel faktor rasional berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan produk Ceria Prima. Hal ini dapat diketahui dengan nilai probability 0,000 (0,000 < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor rasional sangat mempengaruhi keputusan menabung, karena dapat diketahui bahwa faktor-faktor yang mendorong seseorang dalam memilih menabung pada Produk Simpanan Ceria Prima yaitu pelayanan, kenyamanan dan kepuasan. Keywords : Simpanan, Faktor Emosional, Faktor Rasional, Keputusan Nasabah.ABSTRACT Consumer buying behavior is influenced by several factors, namely personal, social, and psychological. In the consumer psychology factor, there are several benchmarks, including the emotional factor, which is an encouragement in the customer to decide to choose a product based on considerations of feelings of comfort, security, and social status, and rational factors from the way customers think when choosing products that are more affordable. many benefits from these products by considering the convenience, benefits, and reliability. The purpose of this study was conducted to determine the effect of Emotional Factors and Rational Factors on Customers' Decisions to Choose Ceria Prima Savings Products at BMT Assyafi'iyah. This study uses a quantitative approach and the type of this research is descriptive. The population in this study amounted to 754 members with a sample of 88 people. Based on the test results, it shows that the rational factor variable influences the decision to save with the Ceria Prima product. Based on the test results, it shows that the rational factor variable influences the decision to save with the Ceria Prima product. This can be seen with a probability value of 0.000 (0.000 <0.05). The results of this study indicate that rational factors greatly influence the decision to save, because it can be seen that the factors that encourage someone to choose to save on Ceria Prima Savings Products are service, comfort and satisfaction. Keywords: Savings, Emotional Factors, Rational Factors, Customer Decisions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:39
Last Modified: 17 Nov 2023 02:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31114

Actions (login required)

View Item View Item