PENERAPAN PEMBIAYAAN PAKET TANI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ANGGOTA KOPERASI SYARIAH AL-AMIN BERKA SEJAHTERA KEC. PUBIAN

Angga, Pramalia (2023) PENERAPAN PEMBIAYAAN PAKET TANI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ANGGOTA KOPERASI SYARIAH AL-AMIN BERKA SEJAHTERA KEC. PUBIAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Angga Pramalia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu tujuan dari pendirian koperasi syariah al-amin berkah sejahtera adalah untuk mewujudkan masyarakat agar menjadi lebih baik dan meningkat dari sebelumnya. Baik dari segi usahanya maupun dari segi pemahaman pola ekonomi syariah. Akan tetapi masalah yang sering dihadapi oleh sebagian masyarakat, khususnya masyarakat kecil dalam menjalankan usaha pertanianya adalah masalah modal. Keberadaan koperasi syariah al-amin berkah sejahtera sangat berperan dan berpengaruh bagi masyarakat kecil karena dapat dijadikan sebagai sumber modal yang dapat digunakan untuk meningkatkan pertanianya agar menjadi berkembang dari sebelumnya yang sering disebut dengan sistem pembiayaan paket tani. Untuk mengetahui apakah dengan adanya pembiayaan tersebut masyarakat di sekitar koperasi syariah al-amin akan meningkat pendapatannya. Sehingga dengan adanya pembiayaan ini, dianggap mampu meningkatkan pendapatan perekonomian Anggota dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dari latar belakang tersebut terdapat permasalahan yang sangat penting untuk dibahas, yaitu untuk mengetahuiPeran Pembiayaan paket tani dalam meningkatkan pendapatan Anggota. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, Penelitian ini dilakukan dengan menghimpun data dalam keadaan sewajarnya, menggunakan bekerja secara sistematis, terarah, dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga tidak kehilangan sifat ilmiahnya atau serangkaian kegiatan atau proses menjaring data atau informasi yang bersifat sewajarnya. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa Penerapan Pembiayaan paket tani dalam meningkatkan pendapatan Anggota. dapat dikatakan sudah berhasil, sebab adanya perubahan pendapatan perekonomian yang lebih membaik terbukti dari hasil wawancara kepada anggota pembiayaan. Implementasi Pembiayaan paket tani yang diberikan pada Anggota disekitar koperasi telah mengalami kemajuan yakni adanya peningkatan dalam hal pendapatan, produksi dan kinerjanya. Sehingga dengan meningkatnya produksi maka secara otomatis pendapatan juga meningkat. Ini yang mengakibatkan para masyarakat dan para pedagang semakin sejahtera dan makmur Kata kunci : Pembiayaa paket tani, Pendapatan, Koperasi syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:29
Last Modified: 17 Nov 2023 02:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31113

Actions (login required)

View Item View Item