ANALISIS MANFAAT SERTIFIKASI PELATIHAN PRA NIKAH TERHADAP KONSEP KELUARGA SAKINAH MAWADDAH DAN WARAHMAH (STUDI DI KECAMATAN SUKABUMI KOTA BANDAR LAMPUNG)

DONI, AKBAR (2023) ANALISIS MANFAAT SERTIFIKASI PELATIHAN PRA NIKAH TERHADAP KONSEP KELUARGA SAKINAH MAWADDAH DAN WARAHMAH (STUDI DI KECAMATAN SUKABUMI KOTA BANDAR LAMPUNG). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DONI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap sepasang insan pasti ingin memiliki kelurga yang Sakinah Mawaddah dan Warahmah yang sekaligus sebagai tujuan dari pada bekelurga yang di ridhoi oleh Allah SWT. Pada hakikatnya, menjaga keutuhan rumah tangga sendri tidak memiliki metode atau teori khusus, Melalui kementrian koordinator Bidang pembangunan manusia dan kebudayaan Republik indonesia di tahun 2019 membuat aturan tentang sertifikasi pelatihan pra nikah. Hal ini bertujuan agar para sepasang kekasih yang ingin mendaftarkan diri di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat dapat memahami tentang konsep dari sebuah pernikahan yang baik dan benar. Tertera dalam QS.Ar-Rum ayat 21 “ Dan di antaranya tanda�tanda (kebesaran-nya) ialah dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri,agar kamu cendrung dan merasa tentram kepadanya,dan dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang.sungguh,pada yang demikian terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. Inilah yang mendasari bahwa adanya korelasi antara kebijakan pemerintah tentang sertifikasi pelatihan pra nikah. Dalam rumusan penelitian ini apa saja manfaat sertifikasi pra nikah dan bagaimana implementasi sertifikasi pra nikah di KUA Kecamatan sukabumi. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan sertifikasi pra nikah. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field Research) dan bersifat deskripsi.pengumpulan data observasi secara langsung melalui wawancara dan dokumentasi dengan narasumber yang terdiri dari pengurus kantor urusan agama (KUA) Kecamatan sukabumi. Hasil penelitian ini menunjukkan dampak bimbingan pra nikah calon pengantin mendapatkan pengetahauan prosedur perkawinan,pengetahuan agama hak dan kewajiban suami istri serta peraturan perundang-undangan. Keberhasilan yang telah di capai dari program ini adalah adanya kesadaran dari pasangan akan hak dan tanggung jawab,sehingga kehidupan berumah tangga terbentuk sikap saling pengertian dan saling menghargai. Kata kunci : Manfaat Sertifikasi, Pra nikah, Keluarga Sakinah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:54
Last Modified: 16 Nov 2023 07:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31109

Actions (login required)

View Item View Item