PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 53 BATURAJA OKU SUMATERA SELATAN

Bela, Utari (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 53 BATURAJA OKU SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI BELA UTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini beranjak dari latar belakang pada masalah kurangnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas IV SDN 53 Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan. Pembelajaran hanya sebatas teori tidak dengan melakukan metode lainnya dan masih bersifat teacher center (berpusat pada guru) dengan demikian dapat menyebabkan kelas dengan suasana yang monoton dan membosankan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dan setiap pelaksanaannya menggunakan metode eksperimen dengan media konkret. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 53 Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 9 siswa dan siswa perempuan berjumlah 8 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi sebagai dasar perencanaan ulang untuk penelitian selanjutnya. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila sesudah tindakan > 85% peserta didik memperoleh skor rata-rata kemampuan hasil belajar. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa hasil pembelajaran IPA di kelas IV SDN 53 Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan fakta hasil peningkatan hasil belajar dilihat dari pra penelitian bahwa diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 63,1%, menunjukkan hasil belajar siswa “rendah”. Setelah dilakukan tindakan menggunakan metode eksperimen dengan media konkret pada siklus I perolehan skor menjadi 69,7% menunjuk pada tingkat “rendah”. Sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa menjadi 77,9%. Kemudian pada hasil siklus III skor rata-rata hasil belajar menjadi 87,35%. Pada hasil siklus III ini menunjukkan keberhasilan metode eksperimen dengan media konkret karena skor ratarata peserta didik telah mencapai lebih dari 85%. Kata Kunci : metode eksperimen, media konkret, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2023 04:24
Last Modified: 16 Nov 2023 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31101

Actions (login required)

View Item View Item