PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA KELAS IV DI MIN 3 BANDAR LAMPUNG

Andriyani, Adhar (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA KELAS IV DI MIN 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Andriyani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa kendala proses pembelajaran matematika antara lain rendahnya hasil belajar matematika siswa dan rendahnya kemampuan siswa dalam penyelesaian soal cerita pada materi matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Alat Peraga terhadap hasil belajar matematika siswa pada kelas IV di MIN 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design. Quasi Eksperimen Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Pada penelitian ini sampel yang digunakan berjumlah 48 siswa dengan penjabaran 24 siswa sebagai kelas eksperimen atau kelas IV A yang menerapkan model pembelajaran CIRC, sedangkan 24 siswa sebagai kelas kontrol atau kelas IV B yang menerpakan model Direct Instruction. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar siswa berupa pre-test dan post-test kemudian dianalisis dengan uji-t sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model CIRC terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dalam pengujian hipotesis menggunakan analisis data uji t sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh taraf signifikan (sig) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima pada penelitian ini. Artinya, pembelajaran menggunakan model pembelajaran CIRC ini berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MIN 3 Bandar Lampung yang dimana antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Kata kunci: CIRC, Hasil Belajar Matematika iii ABSTRACT This research was motivated by several obstacles to the mathematics learning process, including low student mathematics learning outcomes and students' low ability to solve story problems on mathematics material. The aim of this research is to determine the effect of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model assisted by teaching aids on students' mathematics learning outcomes in class IV at MIN 3 Bandar Lampung. The type of experimental research used in this research is Quasi Experimental Design. The Quasi Experimental Design used in this research is Pretest-Posttest Control Group Design. In this study, the sample used was 48 students with the description of 24 students as the experimental class or class IV A which applied the CIRC learning model, while 24 students as the control class or class IV B which applied the Direct Instruction model. The data collection technique for student learning outcomes is in the form of a pre-test and post-test and then analyzed using a t-test. Previously, the data was prerequisitely tested with a normality test and homogeneity test. The results of this research indicate that there is an influence of the CIRC model on students' mathematics learning outcomes. This is proven in hypothesis testing using independent sample t test data analysis. Based on the results of data analysis, a significance level (sig) < 0.05 was obtained, namely 0.000 < 0.05, which indicates that H0 was rejected and Ha was accepted in this study. This means that learning using the CIRC learning model influences the mathematics learning outcomes of class IV students at MIN 3 Bandar Lampung, where there is a significant difference between the experimental class and the control class. Keywords: CIRC, Mathematics Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2023 04:14
Last Modified: 16 Nov 2023 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31100

Actions (login required)

View Item View Item