PENGARUH METODE PERMAINAN EDUKATIF KUIS TIM TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PANTUN SISWA KELAS IV SDN 06 PULAU BERINGIN

SINTA, ZALEHA (2023) PENGARUH METODE PERMAINAN EDUKATIF KUIS TIM TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PANTUN SISWA KELAS IV SDN 06 PULAU BERINGIN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SINTA ZALEHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Metode Permainan Edukatif Terhadap Kuis Tim Terhadap Keterampilan Menyimak Pantun Siswa Kelas IV SDN 06 Pulau Beringin Oleh: Sinta Zaleha Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa pada keterampilan menyimak. Ksususnya pada materi menyimak pantun. kesulitan siswa dalam menyimak disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya belum adanya arahan dan tidak menyampaikan tujuan menyimak pada saat pembelajaran dimulai, metode pembelajaran menyimak yang dipakai kurang bervariasi dan minat siswa relatif rendah khususnya pada keterampilan menyimak. Kondisi demikian apa bila terus di biarkan akan berdampak buruk, akibatnya siswa yang tidak cakap dalam menyimak akan kesulitan menangkap informasi yang diberikan oleh guru, akhirnya, siswa tidak paham dengan ,materi yang diajarkan. Maka dari itu peneliti menyimpulkan pembelajaran keterampilan menyimak perlu menggunakan metode permainan edukatif kuis tim sebagai alternatif pemecahan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode permainan edukatif kuis tim terhadap keterampilan menyimak pantn siswa kelas IV SDN 06 Pulau Beringin. Penelitian menggunakan metode kuantitatif bersifat Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest group design. Peneliti menguji coba dengan metode permainan edukatif yaitu kuis tim untuk lebih mengetahui adanya pengaruh terhadap keterampilan menyimak pantun dengan membandingkan tes keterampilan menyimak antara peserta didik yang menggunakan metode permainan kuis tim untuk kelas eksperimen sedangkan yang menggunakan metode tebak kata sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini yaitu iii quasi eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis berupa soal essay dan dukumentasi berupa kegiatan pada saat pembelajaran dilaksanakan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan metode permainan edukatif kuis tim, dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan atau tidak menggunakan metode permainan edukatif kuis tim tetapi menggunakan metodepermainan tebak katal. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 06 Pulau Beringin. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa, penggunaan metode permainan edukatif kuis tim berpengaruh terhadap keterampilan menyimak pantun siswa kela IV SDN 06 Pulau Beringin. Dapat dilihat dari gains core kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh nilai rata-rata gainscore kedisiplinan siswa pada kelompok eksperimen = 21,05 dan pada kelompok kontrol = 13,15. Ini berarti terdapat pertambahan nilai kedisiplinan pada siswa yang mendapatkan perlakuan menggunakan metode permainan edukatif kuis tim dibandingkan dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode permainan edukatif kuis tim berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan nilai keterampilan menyimak pada materi pantun siswa kelas IV SDN 06 Pulau Beringin. Kata Kunci: Metode Permainan Edukatif Kuis Tim, Keterampilan Menyimak Pantun iv ABSTRACT The Effect of Educational Game Methods on Team Quizzes on Pantun Listening Skills Class IV students at SDN 06 Beringin Island By: Sinta Zaleha The problem in this research is the students' low understanding of listening skills. Specifically the material on listening to rhymes. Students' difficulties in listening are caused by several things, including the lack of direction and not conveying the purpose of listening when learning begins, the listening learning methods used are less varied and students' interest is relatively low, especially in listening skills. If this condition continues, it will have a bad impact, as a result, students who are not proficient in listening will have difficulty capturing the information provided by the teacher, ultimately, students will not understand the material being taught. Therefore, the researcher concluded that learning listening skills needs to use the team quiz educational game method as an alternative solution to this problem. This research aims to determine whether or not there is an influence of the team quiz educational game method on the pantan listening skills of class IV students at SDN 06 Pulau Beringin. The research uses a quasi-experimental quantitative method with a pretest posttest group design research design. Researchers tested the educational game method, namely the team quiz, to find out more about the influence on pantun listening skills by comparing the listening skills test between students who used the team quiz game method for the experimental class while those who used the word guessing method were used as the control class. This type of research is quasi-experimental using a quantitative approach. The data collection technique used is a written test in the form of essay questions and documentation in the form of activities during the v learning process. Sampling in this study used 2 classes, namely class IVA as the experimental class which was given treatment using the team quiz educational game method, and class IVB as the control class which was not given treatment or did not use the team quiz educational game method but used the charades game method. This research was carried out at SDN 06 Pulau Beringin. The results of this research concluded that the use of the team quiz educational game method had an effect on the rhyme listening skills of fourth grade students at SDN 06 Pulau Beringin. It can be seen from the core gains of the experimental group that it is greater than the control group. Based on the results of descriptive analysis, the average gain score for student discipline in the experimental group = 21.05 and in the control group = 13.15. This means that there is an increase in discipline scores for students who receive treatment using the team quiz educational game method compared to students who are not given this treatment. Thus, it can be concluded that the use of the team quiz educational game method has a significant effect on increasing the listening skill scores in rhyme material for class IV students at SDN 06 Pulau Beringin. Keywords: Team Quiz Educational Game Method, Pantun Listening Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:57
Last Modified: 16 Nov 2023 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31099

Actions (login required)

View Item View Item