PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN TEKNOLOGI INFORMASI, RISIKO DAN HANDLING OF COMPLAINTS TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN DIGITAL TRANSAKSI (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Sribhawono Lampung Timur)

DWI, PUSPITASARI (2023) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN TEKNOLOGI INFORMASI, RISIKO DAN HANDLING OF COMPLAINTS TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN DIGITAL TRANSAKSI (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Sribhawono Lampung Timur). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), sepanjang bulan April 2023 nilai transaksi digital banking di dalam negeri mencapai Rp4.264,8 triliun atau hampir Rp4,3 triliun., Namun, jika dirunut lima tahun ke belakang, pada April 2023 nilai transaksi perbankan digital secara nasional sudah tumbuh 158% dibanding April 2018. Hal ini menunjukkan, meski kerap terjadi fluktuasi secara bulanan, dalam jangka panjang tren penggunaan layanan digital banking di Indonesia cenderung menguat. Dari berbagai serangan siber yang terjadi, secara global sektor keuangan merupakan sektor yang paling sering terkena insiden siber. Menurut institusi Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), sepanjang tahun 2020 telah terjadi 495 juta serangan siber. Angka itu naik 5 kali lipat dibanding tahun sebelumnya yang sebanyak 228 juta serangan siber. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah persepsi kemudahan teknologi informasi, risiko dan handling of complaints berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat nasabah menggunakan digital transaksi di BSI Kcp Sribhawono Lampung Timur. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui apakah pengaruh persepsi kemudahan teknologi informasi, risiko dan handling of complaints berpengaruh secara parsial dan simultan minat nasabah menggunakan digital transaksi di BSI Kcp Sribhawono Lampung Timur. Dalam pelitian ini penulis menggunkan metode penelitian kuantitatif dengan sifat asosiatif. sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Dalam penelitian ini Teknik yang digunakan adalah probability sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil dengan teknik survey menggunakan kueisoner/angket. Metode analisis menggunakan uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regesi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), kemudian data diolah menggunakan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian dan analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel persepsi kemudahan teknologi informasi dan variabel handling of complaints berpengaruh positif dan signifikan, variabel risiko berpengaruh negative dan signifikan. Sedangkan secara simultan dapat dijelaskan bahwa variabel persepsi kemudahan teknologi informasi, risiko, dan handling of complaints berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menggunakan digital transaksi di BSI Kcp Sribhawono Lampung Timur. Kata Kunci: Persepsi Kemudahan Teknologi Informasi, Risiko, Handling Of Complaints, Digital Transaksi. ABSTRACT Based on data from Bank Indonesia (BI), throughout April 2023 the value of digital banking transactions in the country reached IDR 4,264.8 trillion or almost IDR 4.3 trillion. However, if we look back five years, in April 2023 the value of digital banking transactions Nationally, it has grown 158% compared to April 2018. This shows that, although there are often monthly fluctuations, in the long term the trend in the use of digital banking services in Indonesia tends to strengthen. Of the various cyberattacks that occur, globally the financial sector is the sector most frequently affected by cyber incidents. According to the National Cyber Security Operations Center, National Cyber and Crypto Agency (BSSN), throughout 2020 there were 495 million cyberattacks. This figure has increased 5 times compared to the previous year when there were 228 million cyberattacks. The formulation of the problem in this research is: Does the perception of ease of information technology, risk and handling of complaints have a partial and simultaneous effect on customer interest in using digital transactions at BSI Kcp Sribhawono East Lampung. The aim of this research is: To find out whether the perceived ease of information technology, risk and handling of complaints have a partial and simultaneous effect on customer interest in using digital transactions at BSI Kcp Sribhawono East Lampung. In this research the author used quantitative research methods with associative properties. The data source in this research is primary data. In this research, the technique used is probability sampling. The sample for this research was 100 respondents taken using survey techniques using questionnaires. The analysis method uses validity and reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression tests, hypothesis tests (t test and f test), then the data is processed using the SPSS 24 application. The research results and data analysis in this study show that partially the variable perception of ease of information technology and the handling of complaints variable have a positive and significant effect, the risk variable has a negative and significant effect. Meanwhile, simultaneously it can be explained that the variables of perceived ease of information technology, risk, and handling of complaints have a significant effect on customer interest in using digital transactions at BSI Kcp Sribhawono East Lampung. Keywords: Perception of the Ease of Information Technology, Risk, Handling of Complaints, Digital Transactions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:17
Last Modified: 16 Nov 2023 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31098

Actions (login required)

View Item View Item