PENGARUH PERAN GURU TERHADAP SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH SD Negeri 2 SUKARAJA LAMPUNG SELATAN

Melia, Andriani (2023) PENGARUH PERAN GURU TERHADAP SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH SD Negeri 2 SUKARAJA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian dengan harapan karakter peserta didik menjadi baik dapat mengubah karakter peserta didik sesuai dengan visi SD Negeri 2 Sukaraja Lampung Selatan Taat Beragama, Cerdas, serta Mandiri. Peneliti telah melakukan wawancara di SD Negeri 2 Sukaraja Lampung Selatan dengan hasil wawancara yakni peserta didik di SD Negeri 2 Sukaraja Lampung Selatan memiliki sikap yang kurang baik terhadap sesama teman sebaya, kurangnya rasa tolong menolong antar peserta didik, kurangnya saling menghargai antar peserta didik, peserta didik masih kurang santun berbicara kepada pendidik, dan rasa peduli sosial dan bersahabat kurang terhadap sesama teman maupun terhadap guru. Dalam penelitian ini,metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah metode kuantatif deskriptif dengan menggunakan angket sebagai media komunikasi dengan narasumber. Penulis juga menggunakan metode lain berupa observasi,angket,wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang penulis dapatkan berasal dari populasi dan sampel dengan dibantu dengan beberapa penelitian terdahulu yang relevan,jurnal dan buku�buku dari perpustakaan. Hasil penelitian dalam analisis data dan uji hipotesis yang telah dilakukan, dapat Terdapat pengaruh peran guru terhadap sikap sosial peserta didik. Peranan guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengelola pembelajaran, model dan teladan, dan evaluator telah menghasilkan sikap sosial peserta didik yang lebih baik serta dapat mengoptimalkan potensi yang ada dalam diri peserta didik. Kata Kunci : Peran Guru, dan Sikap Sosial Peserta Didik iv ABSTRACT The aim of the research is to hope that the students' character will be good and can change the students' character in accordance with the vision of SD Negeri 2 Sukaraja, South Lampung, religious, intelligent, and independent. Researchers have conducted interviews at SD Negeri 2 Sukaraja South Lampung with the results of the interview namely students at SD Negeri 2 Sukaraja South Lampung have unfavorable attitudes towards fellow peers, lack of mutual help between students, lack of mutual respect between students, participants students are still not polite enough to talk to educators, and the sense of social care and friendship is lacking towards fellow friends and towards teachers. In this study, the data collection method used by the author is a descriptive quantitative method by using a questionnaire as a medium of communication with informants. The author also uses other methods such as observation, questionnaires, interviews and documentation. The data sources that the writer got came from the population and sample with the help of some relevant previous research, journals and books from the library. The results of research in data analysis and hypothesis testing that has been done, can There is influence of the teacher's role on students' social attitudes. The role of the teacher as educator, instructor, mentor, learning manager, model and role model, and evaluator has resulted in better social attitudes of students and can optimize the potential that exists within students. Keywords: Teacher's Role, and Social Attitudes of Learners

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:15
Last Modified: 16 Nov 2023 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31097

Actions (login required)

View Item View Item