IMPLEMENTASI KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PESERTA DIDIK SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG

ARRI, ICHLASUL AMAL (2023) IMPLEMENTASI KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PESERTA DIDIK SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan salah satu bagian dari pengguna game online terbesar. Kementerian informasi & informatika melaporkan jika sekarang ini pengguna internet sudah mencapai 143,26 juta pengguna dan Indonesia menduduki peringkat ke-6 yang mana pengguna keseluruhan di dominasi oleh kaum pria. Sepanjang tahun 2020, sebagian besar masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Dalam hal ini bermain game online menjadi salah satu aktivitas favorit banyak orang terutama remaja. Berdasarkan laporan We Are Social, Indonesia menjadi negara dengan jumlah pemain video game terbanyak ketiga di dunia. Laporan tersebut mencatat ada 94,5% pengguna internet berusia 16-64 tahun di Indonesia yang memainkan video game per Januari 2022. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana proses implementasi konseling kelompok teknik self control untuk mengurangi kecanduan game online peserta didik kelas X di SMA Negeri 16 Bandar Lampung dan Bagaimana upaya peserta didik dalam mengontrol diri dalam bermain game online. Penelitian ini merupakan penelitian studi lapangan (field Research),yaitu studi yang di lakukan secara langsung di lapangan atau langsung kepada narasumber yang menjadi objek utama di dalam penelitian ini. Sedangkan dari segi sifat penelitian ini sendiri yaitu Penelitian diskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan dan menjelaskan masalah�masalah yang ada sekarang dengan cara mengumpulkan data, menyusun, mengklasifikasi, menganalisa. Hasil dari penelitian ini, ada beberapa siswa dengan tingkat bermain Game Online sangat tinggi yaitu mencapai 10 siswa, kemudian katagori tingkat tinggi yaitu berjumlah 15 siswa dan selebihnya yaitu 5 orang dikatagorikan tingkat sedang. Hasil yang dilakukan oleh pihak sekolah ataupun guru BK di SMA 16 Bandar Lampung, dengan menggunakan teknik Self Control, mampu mengubah sedikit demi sedikit pola pikir dan tingkah laku dari siswa-siswa yang kecanduan game online tersebut. Beberapa siswa mulai melakukan teknik Appropriate control yaitu Kontrol individu dalam upaya mengendalikan impuls secara tepat. ketika dorongan bermain game muncul dalam pikiran, subyek menghentikan dorongan atau pikiran itu dengan mengucapkan ―saya tidak akan bermain game. Memberikan self reward pada diri sendiri ketika mampu mengendalikan diri tidak bermain game online, yaitu berupa pujian pada diri sendiri ―aku orang hebat mampu lepas dari game‖. Kemudian dibagian aspek pengontrolan diri yang dilakukan kepada siswa penggemar game online di SMAN 16 Bandar Lampung yaitu kontrol kognitif dan kontrol perilaku sudah berjalan dengan semestinya walaupun ada faktor yang menghabat yaitu proses pengontrolan diri kepada siswa tidak langsung intens. Kata Kunci : Bimbingan Konseling Kelompok, Self Control, Game Online ABSTRACT Indonesia is one of the largest online game users. The Ministry of Information & Informatics reports that currently internet users have reached 143.26 million users and Indonesia is ranked 6th where overall users are dominated by men. Throughout 2020, most people spent more time at home. In this case, playing online games has become one of the favorite activities of many people, especially teenagers. Based on the We Are Social report, Indonesia is the country with the third largest number of video game players in the world. The report noted that 94.5% of internet users aged 16-64 years in Indonesia played video games as of January 2022. The problem formulation in this research is, What is the process of implementing self-control technique group counseling to reduce online game addiction for class X students at SMA Negeri 16 Bandar Lampung and how do students try to control themselves when playing online games. This research is a field study, namely a study carried out directly in the field or directly with sources who are the main object of this research. Meanwhile, in terms of the nature of this research, it is qualitative descriptive research, namely research that describes and explains current problems by collecting data, compiling, classifying, analyzing. The results of this research, there are several students with a very high level of playing online games, namely reaching 10 students, then the high level category is 15 students and the remaining 5 people are categorized as medium level. The results carried out by the school or guidance and counseling teachers at SMA 16 Bandar Lampung, using Self Control techniques, were able to change little by little the thought patterns and behavior of students who were addicted to online games. Some students began to use appropriate control techniques, namely individual control in an effort to control impulses appropriately. When the urge to play games appears in the mind, the subject stops the urge or thought by saying "I will not play games. Give yourself a self-reward when you are able to control yourself from playing online games, namely in the form of praising yourself "I am a great person who can escape from games". Then in the aspect of self-control carried out by students who are fans of online games at SMAN 16 Bandar Lampung, namely cognitive control and behavioral control, they are running properly even though there are factors that hinder them, namely the process of self-control for students is not immediately intense. Keywords: Group Counseling, Self Control, Online Games

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:27
Last Modified: 15 Nov 2023 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31089

Actions (login required)

View Item View Item