PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK BSI ( BANK SYARIAH INDONESIA) OTO DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BSI KCP Tulang Bawang Barat)

Lusita, Sari (2023) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK BSI ( BANK SYARIAH INDONESIA) OTO DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BSI KCP Tulang Bawang Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN V.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LUSITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan bank syariah di Indonesia semakin pesat, banyak lembaga keuangan syariah yang ikut berkompetisi menawarkan produknya salah satunya pembiayaan BSI OTO. Masih banyak nasabah yang belum mengetahui tentang produk BSI OTO pada PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Tulang Bawang Barat dan Proses migrasi dari ketiga bank syariah (BSM, BNIS, dan BRIS) seharusnya menjadi peluang untuk meningkatkan jumlah nasabah, tetapi jumlah pembiayaan BSI OTO di BSI KCP Tulang Bawang Barat masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh produk, promosi, tempat, dan harga dalam peningkatan minat nasabah terhadap produk BSI OTO dalam perspektif ekonomi islam Objek dalam penelitian ini adalah nasabah BSI KCP Tulang Bawang Barat. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data primer yang diperoleh langsung daru responden menggunakan penyebaran kuisioner sampel dalam penelitian ini adalah nasabah BSI KCP Tulang Bawang Barat. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 reponden. Hasil peneitian ini menunjukan bahwa variabel produk, promosi, harga, dan tempat berpengaruh simultan dalam peningkatan minat nasabah terhadap produk BSI OTO,variabel produk,promosi,dan harga berpengaruh parsial dalam peningkatan minat nasabah terhadap produk BSI OTO, variabel tempat tidak bepengaruh signifikan dalam peningkatan minat nasabah terhadap produk BSI OTO. Dalam perspektif ekonomi islam variabel produk, promosi, tempat dan harga dapat memunculkan perasaan minat yang tercantum dalam surat Ar�Ra’ad ayat 11 yang menggambarkan keinginan, dan minat dalam kehidupan dunia supaya tercapainya tujuan yang diinginkan. Kata kunci: Produk, Promosi,Tempat dan Harga ,Minat , BSI OTO, BSI KCP Tulang Bawang Barat. ABSTRACT The development of Islamic banks in Indonesia is increasing rapidly, many Islamic financial institutions are competing to offer their products, one of which is BSI OTO financing. There are still many customers who do not know about BSI OTO products at PT. Bank Syariah Indonesia, West Tulang Bawang Branch Office and the migration process from the three Islamic banks (BSM, BNIS, and BRIS) should be an opportunity to increase the number of customers, but the amount of BSI OTO financing at BSI KCP Tulang Bawang Barat is still low. This study aims to examine and analyze the effect of product, promotion, place and price in increasing customer interest in BSI OTO products in an Islamic economic perspective. The objects in this study are customers of BSI KCP Tulang Bawang Barat. This study used primary data collection techniques which were obtained directly from respondents using questionnaires. The samples in this study were BSI KCP Tulang Bawang Barat customers. The number of samples used is 100 respondents. The results of this study indicate that product, promotion, price, and place variables have a simultaneous effect on increasing customer interest in BSI OTO products, product, promotion, and price variables have a partial effect on increasing customer interest in BSI OTO products, place variables have no significant effect on increasing customer interest in BSI OTO products. In an Islamic economic perspective, the variables of product, promotion, place and price can bring out the feelings of interest contained in the letter Ar�Ra'ad verse 11 which describes desires and interests in the life of the world in order to achieve the desired goals. Keywords : Products, Promotions, Places and Prices, Interests, BSI OTO, BSI KCP Tulang Bawang Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:30
Last Modified: 15 Nov 2023 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31087

Actions (login required)

View Item View Item