PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK REFRAMING DALAM MENINGKATKAN SELF- CONFIDENCE PESERTA DIDIK BERKELAINAN FISIK DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG

Syifa, Anggraini (2023) PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK REFRAMING DALAM MENINGKATKAN SELF- CONFIDENCE PESERTA DIDIK BERKELAINAN FISIK DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI Syifa Anggraini.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan konseling inividu dengan teknik reframing dalam meningkatkan self- confidence peserta didik berkelainan fisik di SMAN 15 bandar lampung. Permasalahan yang ditemukan adanya peserta didik yang mengalami kurangnya self- confidence atau kepercayaan diri pada peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Meteode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu penelitian ini berfokus pada fenomena yang ada kemudian dipahami dan dianalisis secara mendalam. Berdasarkan tujuan dari penelitian penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang merupakan penelitian yang menggunakan latar alamiah, dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada. . Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa Keadaan Self- Confidence Anak Berkelainan Fisik Di SMAN 15 Bandar Lampung Setelah Memperoleh Layanan Konseling Individu Dengan Teknik Reframing dari data awal diperoleh bahwasanya peserta didik yang awalnya memiliki rendahnya self- confidence yakni tidak optimis, tidak yakin atas kemampuan diri dan tidak bertanggung jawab. Menjadi adanya rasa kepercayaan pada kemampuan diri sendiri, berani menerima dan menghadapi penolakan, mampu mengendalikan diri, positif thingking. Pada pelaksanaan konseling individu menggunakan teknik reframing dilakukan empat pertemuan yaitu, pada pertemuan pertama pembentukan norma, pada pertemuan kedua pemberian teknik reframing, pertemuan ketiga mengganti rasa tidak percaya diri kerasa percaya diri, pada pertemuan terakhir dilakukannya evaluasi. Tahapan pelaksanaan layanan konseling inividu dengan teknik reframing dalam meningkatkan self- confidence peserta didik berkelainan fisik di SMAN 15 bandar lampung adalah pelaksanaa layanan konseling individu dengan teknik reframing meliputi beberapa tahapan pelaksaan yaitu menggunakan tahap awal, dimana pada tahap awal ini dimulai dari membangun hubungan, mendefisiniskan masalah, dan membuat penafsiran. Tahap pertengahan, pada tahap pertengahan ini menjelajah serta mengeksplorasi dan menjaga hubungan pada saat peroses konseling. Tahap akhir atua tindakan, dimana pada tahap ini adanya penurunan kecemasan pada konseli, adanya perubahan prilaku dan adanya rencana dengan program yang jelas. Kata Kunci: Konseling Individu, Teknik Reframing, Berkelainan Fisik iv ABSTRACT This research aims to describe the implementation of individual counseling services using the reframing technique in increasing the self-confidence of students with physical disabilities at SMAN 15 Bandar Lampung. The problem found was that students experienced a lack of self-confidence or self-confidence in students. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The descriptive qualitative research method is that this research focuses on existing phenomena which are then understood and analyzed in depth. Based on the aim of the research, the author uses a qualitative research method, which is research that uses a natural setting, with the aim of interpreting phenomena that occur and is carried out by involving various existing methods. Based on the results of research and data analysis, it was found that the state of self-confidence of children with physical disabilities at SMAN 15 Bandar Lampung after receiving individual counseling services using the reframing technique from the initial data showed that students who initially had low self-confidence were not optimistic, not confident in their abilities. selfish and irresponsible. There is a sense of confidence in one's own abilities, the courage to accept and face rejection, the ability to control oneself, positive thinking. In the implementation of individual counseling using the reframing technique, four meetings were held, namely, at the first meeting establishing norms, at the second meeting the reframing technique was given, at the third meeting changing feelings of lack of self-confidence into self-confidence, at the last meeting an evaluation was carried out. The stages of implementing individual counseling services using reframing techniques in increasing the self-confidence of students with physical disabilities at SMAN 15 Bandar Lampung are implementing individual counseling services using reframing techniques including several implementation stages, namely using the initial stage, where in this initial stage it starts from building relationships, defining problems, and make interpretations. Middle stage, in this middle stage exploring and maintaining relationships during the counseling process. The final or action stage, where at this stage there is a decrease in the client's anxiety, there is a change in behavior and there is a plan with a clear program. Keywords: Individual Counseling, Reframing Technique, Physical Disabilities

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:06
Last Modified: 15 Nov 2023 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31085

Actions (login required)

View Item View Item