PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENTIAL ANALITICAL INQUIRY BERBANTUAUGMENTED REALITY ASSEMBLR EDU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA

RONIAWATI, Rozi.L (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENTIAL ANALITICAL INQUIRY BERBANTUAUGMENTED REALITY ASSEMBLR EDU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Halaman depan sampai bab 2 dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RONIAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENTIAL ANALITICAL INQUIRY BERBANTU AUGMENTED REALITY ASSEMBLR EDU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA Oleh Roniawati Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam kegiatan pembelajar. Pada Proses pembelajaran selain menggunakan model pembelajaran media juga dapat digunakan sebagai alat bantu untuk proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran dan media adalah Jurisprudential Analitical Inquiry Berbantu Augmented Reality Assemblr Edu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Model Pembelajaran Jurisprudential Analitical Inquiry Berbantu Augmented Reality Assemblr Edu Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Kelas X Mata Pelajaran Biologi di SMA. Penelitiain ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Metode Quasy Eksperiment, Populasi penelitian yang di ambil menggunakan 2 kelas X MIPA, dan sampel penelitian terdiri dari X MIPA 6 sebagai kelas Ekperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas Kontrol dengan keseluruhan 68 peserta didik. Adapun Teknik sampel pada penelitian ini yaitu Teknik Cluster Random Sampling. Instrument tes penelitian menggunakan soal Multiple Choice dan diuji hipotesis dengan uji t independen. Data diperoleh dari hasil perhitungan hipotesis dengan uji independen niali sig. (2-tailed) yaitu 0,00 kurang dari 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian tersebut diterima, artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Jurisprudential Analitical Inquiry Berbantu Augmented Reality Assemblr Edu Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Kelas X Mata Pelajaran Biologi di SMA. Kata Kunci : Model Pembelajaran Jurisprudential Analitical Inquiry, Media Augmented Reality Assemblr Edu, Kemampuan Berpikir Kritis. iii ABSTRACT PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENTIAL ANALITICAL INQUIRY BERBANTU AUGMENTED REALITY ASSEMBLR EDU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA By Roniawati The study is in the background with the low critical thinking ability of learners in learners activities. In the learning process instead of using a media learning model can also be used as an aid for the learning process. One of the learning models and the media is Jurisprudential Analitical Incuiry assistedAugmented Reality Assemblr Edu. This study is intended to identify of the learning model Jurisprudential Analitical Inquiry assisted Augmented Reality Assemblr Edu to the critical operating class X Biology subjects at SMA. This research is a quantitative study using the Quasy Experiment Method. The research population was taken using 2 X MIPA classes, and the research sample consisted of X MIPA 6 as the Experiment class and X MIPA 3 as the Control class with a total of 68 students. The sample technique in this study is the Cluster Random Sampling Technique. The research test instrument used Multiple Choice questions and tested the hypothesis with independen t test. Data obtained from the results of hypothesis calculations with indipenden sig value tests. (2-tailed) that is 0.00 less than 0.05. So it can be concluded that the hypothesis in this study is accepted, meaning that there is an influence of the learning model Jurisprudential Analitical Inquiry assisted Augmented Reality Assemblr Edu to the critical operating class X Biology subjects at SMA. Keywords : learning model Jurisprudential Analitical Inquiry, Media Augmented Reality Assemblr Edu, Critical thinking skills.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:30
Last Modified: 15 Nov 2023 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31082

Actions (login required)

View Item View Item