PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HAND ON ACTIVITY BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

EKA, SAFUTRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HAND ON ACTIVITY BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Eka Safutri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah utama yang terjadi di MI Al-Hikmah Bandar Lampung dikelas IV dalam penelitian ini yaitu peserta didik kesulitan dan kurangnya bertanya pada saat guru memberikan kesempatan bertanya mengenai materi IPA yang sudah dijelaskan, saat pembelajaran berlangsung peserta didik merasa mudah bosan. Selain itu terdapat kendala dalam media pembelajaran yang kurang inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran dan pemanfaatannya serta model pembelajaran yang kurang interakif sehingga mengakibatkan nilai hasil belajar peserta didik masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM). Model pembelajaran IPA masih menggunakan model konvensional sehingga kurang dimengerti oleh peserta didik. Maka peneliti menarik kesimpulan bahwa dalam pembelajaran IPA perlunya memakai model pembelajaran yang berbantun alat peraga sehingga dapat meningkatkan nilai hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran hands on activty berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam peserta didik kelas IV MI Al-Hikmah Bandar Lampung Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Experiment dan desain yang digunakan adalah Pretest�Posttest Group Design dikelas eksperiment dan kelas kontrol. Penelitian dilakukan di MI Al-Hikmah Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV sebanyak 50 peserta didik. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu kelas IV A untuk kelas eksperimen dan kelas IV B untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulam data berupa tes (Pretest-Postest). Instrumen tes berbentuk pilihan ganda dengan menggunakan analisis statistik Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Hand On Activty diperoleh nilai rata�ratanya pretest 51,8 dan posttest 79. Sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model Cooperative Learning rata-ratanya pretest 57 dan posttest 61,8. Hasil perhitungan UJi-t, analisis data dan uji hipotesis (uji-t) diperoleh nilai diperoleh nilai Sig < 0,05 (5%). Pada Sig (2-Tailed) diperoleh 0.000 < 0, 05 maka terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar peserta didik. Maka hipotesis Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada Model Pembelajaran Hand On Activity berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam peserta didik kelas IV MI Al-Hikmah Bandar Lampung. Kata Kunci: Model Hand On Activity, Alat Peraga, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:04
Last Modified: 14 Nov 2023 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31077

Actions (login required)

View Item View Item