STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT JAMA’AH CALON HAJI DAN UMRAH PADA PT. AMANAH SAFARI INTERNASIONAL (ASAFI TOUR) KOTA BANDAR LAMPUNG

AULIA, MAWADDAH (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT JAMA’AH CALON HAJI DAN UMRAH PADA PT. AMANAH SAFARI INTERNASIONAL (ASAFI TOUR) KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK AULIA MAWADDAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang maupun jasa dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Pengertian strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu. PT. Amanah Safari Internasional (Asafi Tour) kota Bandar lampung merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa tour travel haji dan umrah, agar perusahaan tetap berkembang salah satu caranya adalah dengan memperhatikan peningkatan jumlah jama’ah yang memakai jasa perusahaan tersebut. Adapun cara yang dilakukan oleh PT. Amanah Safari Internasional (Asafi Tour) dengan cara memasarkan suatu produknya berupa barang maupun jasa melalui sistem strategi pemasaran, adapun cara yang di lakukan perusahaan seperti : pemasaran langsung (bertatap muka dengan para jama’ah), melalui penyebaran brosur, melalui media sosial, dan , dan melalui surat kabar agar calon jama’ah merasa tertarik dan percaya dengan jasa yang disediakan oleh PT. Amanah Safari Internasional (Asafi Tour) Kota Bandar Lampung. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis lapangan (field reseach) yaitu suatu penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang lebih menekankan pada pengamatan fenomena dan memerlukan insting yang tajam dari peneliti. Maksudnya, melakukan pendekatan investigasi, peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka secara langsung dan berinteraksi dengan orang – orang di tempat penelitian. Memberikan penjelasan dan jawaban terhadap pokok permasalahan yang penulis teliti, bukan berarti untuk menguji atau mencari teori baru. Analisis penulis dalam karya ilmiah ini adalah Strategi pemasaran dalam meningkatkan minat jama’ah calon haji dan umrah pada PT. Amanah Safari Internasional (Asafi Tour) kota Bandar Lampung, dengan hasil peneliti menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Amanah Safari Internasional (Asafi Tour) Kota Bandar Lampung untuk memasarkan suatu produknya beruapa barang maupun jasa melalui bauran pemasaran, adapun bauran pemasaran yang ada pada PT. Amanah Safari Internasional (Asafi Tour) Kota Bandar Lampung, yaitu :strategi produk, strategi harga, strategi tempat, strategi promosi. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Haji dan Umrah. iii ABSTRACT Marketing strategy is an effort to market a product, both goods and service by using certain plans and tactics so that the number of sales becomes higher. Understanding the marketing strategy can also be interpreted as a series of efforts made by the company in order to achieve certain goals. PT. Amanah Safari Internasional (Asafi Tour) Bandar lampung city is a company egaged in the field of hajj and umrah travel servise, so that company continues to grow, one way is to pay attention to the increase in the number of pilgrims who use the company’s services. The method used by PT. amanah safari internasional ( asafi tour ) by marketing a product in the form of goods or service through a marketing strategy system, as for the ways companies do such as : direct marketing ( face to face with the congregation ), through distribution of brochures, through social media, and through newspaper so that prospective pilgrims feel interested and trust the services provided by PT. Amanah Safari Internasional (Asafi Tour) city of Bandar lampung. The type of research used is field research (field research) , that is directly carried out in the field or on respondest. This research is descriptive qualitative in nature, namely research that emphasizes more on observing phenomena and requires sharp instincts from researchs. That is, taking as investigative approach, researchers collect data by face to face and interact with people in the research area. Providing explanations and answers to the main issues that the author examines, does not mean to test or look for new theories. The author’s analysis in this scientific work is a marketing strategy in increasing the interest of pilgrims hajj and umrah candidates at PT. Amanah Safari Internasional (Asafi Tour) city of Bandar Lampung, with the result of the researchs showing that the marketing strategy carried out by. PT. Amanah Safari Internasional (Asafi Tour) Bandar Lampung City to markets its produtcs in the form of goods of services of trough a marketing mix at PT. Amanah Safari Internasional (Asafi Tour) Bandar Lampung City, namely :product strategy, price strategy, place strategy, and promotion strategy. Keywards : Marketing Strategy, Hajj and Umrah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2023 06:47
Last Modified: 14 Nov 2023 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31075

Actions (login required)

View Item View Item