IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR GAGNE DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

ERIKA, CAHYA AGUSTINA (2023) IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR GAGNE DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ERIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi Teori Belajar Gagne dalam Pembelajaran Al�Qur’an Hadist di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung Oleh ERIKA CAHYA AGUSTINA Penelitian ini didasarkan pada permasalahan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam terutama pada pembelajaran Al-Qur‟an Hadist yang masih terfokus pada sisi pendidik. Oleh karena itu perlu keseriusan untuk menciptakan pembelajaran Al-Qur‟an Hadist yang mencangkup sisi peserta didik supaya peserta didik dapat meningkatkan kualitas hasil belajar yang baik serta memberikan motivasi belajar peserta didik dalam mempelajari Al-Qur‟an Hadist. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian mendeskripsikan, menceritakan, dan menginterpretasikan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif dari orang-orang dalam bentuk tertulis/lisan, perilaku dan data yang dapat diamati adalah pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dapat dianalisis melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi sumber yang dicapai dengan jalan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan/implementasi teori belajar gagne dalam pembelajaran Al�Qur‟an Hadist di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung berhasil dilakukan melalui proses peristiwa pembelajaran gagne dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadist (memberikan perhatian, menyampaikan tujuan, membangun kembali pengetahuan yang lalu, menyajikan pembelajaran sebagai rangsangan, memberikan panduan belajar, menampilkan kerja, memberikan umpan balik, menilai kerja, meningkatkan retensi/ingatan dan transfer pengetahuan). Kata Kunci : Pembelajaran Al-Qur’an Hadist, Teori Peristiwa Pembelajaran Gagne iv ABSTRACT This research is based on problems in the learning process of Islamic Religious Education, especially on learning the Al-Qur'an Hadith which is still focused on the educator's side. Therefore it is necessary to be serious about creating PAI learning, especially in learning the Al-Qur'an Hadith which covers the side of students so that students can improve the quality of good learning outcomes and provide learning motivation for students in learning Islamic Religion. The type of research used is descriptive qualitative research, namely research that describes, tells, and interprets existing data and produces descriptive data from people in written/oral form, behavior and data that can be observed are statements. Data collection techniques were carried out through interviews, observation, and documentation. Data that can be analyzed through data reduction steps, data presentation, and drawing conclusions. The validity test in this study used the source triangulation technique which was achieved by comparing the observed data with the interview data. The results of this study indicate that the application/implementation of gagn learning theory in learning Al�Qur'an Hadith at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung was successfully carried out through the process of gagn learning events in learning Al-Qur'an Hadith (giving attention, conveying goals, rebuilding knowledge past, presenting learning as a stimulus, providing study guides, performing work, providing feedback, assessing work, increasing retention/memory and transferring knowledge). Keywords: Al-Qur'an Hadith Learning, Gagne's Learning Event Theory

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2023 05:13
Last Modified: 14 Nov 2023 05:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31074

Actions (login required)

View Item View Item