PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STRATEGI GENIUS LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI BEBAN KOGNITIF SISWA

LENI, APRIDAYANTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STRATEGI GENIUS LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI BEBAN KOGNITIF SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL LENI APRIDAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep matematis adalah kopetensi yang ditunjukan peserta didik dalam memahami konsep, menghapal, juga menerapkan rumus dalam melakukan prosedur (algoritma) secara tepat akurat dan efesien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran strategi genius learning dan konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari beban kognitif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Sragi, Lampung Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Pengumpulan data tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan tes beban kognitif. Uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Barrlet. Pengujian hipotesis menggunakan anova dua jalur sel tak sama. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anova dua jalur dengan sel tak sama dengan taraf signifikasi 0,05 dan diperoleh bahwa (1) ditolak, karena taraf signifikasi menunjukan hasil bahwa pada model pembelajaran yaitu 0.002 0.05 sehingga disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran strategi genius learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, (2) ditolak, karena taraf signifikasi menunjukan hasil bahwa pada beban kognitif yaitu 0.000 0.05 dimana beban kognitif yang dimiliki peserta didik dalam mengingat, memahami, memproses dan menyimpan informasi pembelajaran sudah baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh beban kognitif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, (3) ditolak, karena taraf signifikasi menunjukan hasil perhitungan yaitu 0.026 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara model pembelajaran strategi genius learning dan beban kognitif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci: Genius Learning, Pemahaman Konsep Matematis, Beban kognitif. iii ABSTRACT Understanding mathematical concepts is the competency demonstrated by students in understanding concepts, memorizing them, and also applying formulas in carrying out procedures (algorithms) precisely, accurately and efficiently. The aim of this research is to determine the differences in learning outcomes of students who use the genius learning strategy and conventional learning models on the ability to understand mathematical concepts in terms of cognitive load. This research uses a type of quantitative research, namely Quasi Experimental Design. The population in this study was SMP Negeri 2 Sragi, South Lampung. The sampling technique used in this research is Cluster Random Sampling. Data collection through tests of ability to understand mathematical concepts and cognitive load tests. The prerequisite tests are the normality test with the Lilliefors test and the homogeneity test with the Barrlet test. Hypothesis testing uses anova of two different cell lines. The data analysis technique used was a two-way ANOVA test with different cells with a significance level of 0.05 and it was found that (1) was rejected, because the significance level showed that the learning model was 0.002 0.05 so it was concluded that there was an influence of the genius strategy learning model learning on the ability to understand mathematical concepts, (2) is rejected, because the significance level shows that the cognitive load is 0.000 0.05, where the cognitive load that students have in remembering, understanding, processing and storing learning information is good. So it can be concluded that there is an effect of cognitive load on the ability to understand mathematical concepts, (3) is rejected, because the significance level shows that the calculation results are 0.026 < 0.05, so it can be concluded that there is an interaction between the genius learning strategy learning model and cognitive load on the ability to understand mathematical concepts. Keywords: Genius Learning, Understanding Mathematical Concepts, Cognitive Load.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:38
Last Modified: 14 Nov 2023 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31071

Actions (login required)

View Item View Item