ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR I TERHADAP MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UIN RADEN INTAN LAMPUNG

LESTARI, MEGA YATI (2018) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR I TERHADAP MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

Keterampilan yang terdapat pada proses pembelajaran sains adalah keterampilan proses sains dalam proses ini mahasiswa dituntut untuk mengalami sendiri, mencari kebenaran, atau mencoba mencari suatu hukum atau dalil, dan menarik kesimpulan atas proses yang dialaminya pada saat pelaksanaan praktikum. Namun pada kenyataannya praktikum yang dilakukan masih bersifat verifikatif, artinya hanya membuktikan teori-teori atau konsep belum sampai kepada langkah-langkah yang sesuai dengan pendekatan keterampilan proses sains, kurangnya pemahaman mahasiswa mengenai materi yang akan diteliti juga merupakan salah satu masalah yang ada, karena pada dasarnya keterampilan proses sains merupakan hal baru sehingga untuk mengembangkannya perlu diketahui dan dianalisis terlebih dahulu profil keterampilan proses sains mahasiswa untuk mengetahui keadaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan keterampilan proses sains pada pelaksanaan praktikum fisika dasar mengenai materi alat-alat ukur dan kalor, serta Mengetahui pemahaman keterampilan proses sains mahasiswa terhadap konsep fisika pada pelaksanaan praktikum fisika dasar mengenai materi alat-alat ukur dan kalor. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 mahasiwa Pendidikan Fisika Kelas B Semester I Tahun Ajaran 2017-2018 UIN Raden Intan Lampung. Setalah dilakukan pengumpulan data dari subjek, kemudian data diolah dengan menghitung persentase dari setiap indikator hingga diperoleh hasil akhir selanjutnya data dianalisis pada tiap-tiap indikator. Penerapan keterampilan proses sains pada pelaksanaan praktikum fisika dasar yang dilakukan pada materi alat-alat ukur dan kalor menunjukkan penerapan keterampilan proses sains pada pelaksanaan praktikum terkategori cukup dengan persentase 63%, hasil ini diperoleh dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan pemahaman keterampilan proses sains mahasiswa terhadap konsep fisika pada pelaksanaan praktikum fisika dasar mengenai materi alat-alat ukur dan kalor terkategori cukup dengan persentase 72%, hasil ini diperoleh dengan menggunakan instrumen tes pilihan ganda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 30 Jan 2018 03:03
Last Modified: 30 Jan 2018 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3107

Actions (login required)

View Item View Item