PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN MEDIA KOKAMI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD N 2 REJOSARI

YALIN, WIDIA FITRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN MEDIA KOKAMI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD N 2 REJOSARI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi YALIN WIDIA FITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik mata pelajaran IPA kelas V di SD N 2 Rejosari masih tergolong kurang kritis. Serta penggunaan metode yang berpusat pada guru sehingga peaerta didik kurang motivasi/minat untuk belajar. Maka perlu adanya metode dengan bantuan media pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan peserta didik menjadi lebih aktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media Kokami terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Rejosari Kab. Lampung Tengah. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Quasi Eksperimental Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent (Preetest and posttest) Control Group Desaign. Pada penelitian ini, sampel yang digunakan berjumlah 45 peserta didik dengan penjabaran 26 peserta didik sebagai kelas eksperimen atau kelas V A yang menerapkan model pembelajaran TGT, sedangkan 19 peserta didik sebagai kelas kontrol atau kelas V B yang menerapkan model pembelajaran TPS. Teknik pengumpulan data untuk kemampuan berpikir kritis berupa pre-test dan post-test kemudian di analisis dengan uji-t, sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TGT terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dalam pengujian hipotesis menggunakan analisis data uji paired samples t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh taraf signifikan (sig) < 0,05 yaitu 0,014 < 0,05 yang menunjukan bahwa H0 ditolak dan HI diterima pada penelitian ini. Artinya pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT ini berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Rejosari Kab. Lampung Tengah yang dimana antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Kata kunci: TGT, Kemampuan berpikir kritis iii ABSTRACT This research is motivated by level of the low critical thinking skills of students in science class V at SD N 2 Rejosari which are still classified as less critical and. As well as the use of teacher centered cashews so that student lack motivation/interest in learning. Therefore, it is necessary to have a method with the help of appropriate learning media so that learning is more fun and students become more active so as to improve students’ critical thinking. The purpose of this study was to determine the effect of the Teams Games Tournament (TGT) learning model with Kokami media on critical thinking skills in fifth grade students at SD Negeri 2 Rejosari Kab. Lampung Tengah. The type of experimental research used in this research is Quasi Experimental Design. The Quasi Experimental Design used in this study is the Nonequivalent (Pretest and posttest) Control Group Design. In this study, the sample used was 45 students with an elaboration of 26 students as the experimental class or class VA which applied the TGT learning model, while 19 students served as the control class or class VB which applied the TPS learning model. Data collection techniques for critical thinking skills were in the form of pre-test and post-test then analyzed with the t-test, previously the data was tested for prerequisites with the normality test and homogeneity test. The results of this study indicate that there is an influence of the TGT learning model on critical thinking skills in science subjects. This is proven in testing the hypothesis using paired samples t-test. Based on the results of data analysis, a significant level (sig) <0.05 was obtained, namely 0.014 <0.05 which indicated that H0 was rejected and HI was accepted in this study. This means that learning using the TGT learning model affects the critical thinking skills of fifth grade students at SD Negeri 2 Rejosari Kab. Lampung Tengah where there is a significant difference between the experimental class and the control class. Keywords: TGT, Critical Thinking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:08
Last Modified: 14 Nov 2023 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31069

Actions (login required)

View Item View Item