REGULASI BELAJAR DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS DAN JENIS KELAMIN

CHATRIEN, NADYA TRISTIYANTI (2023) REGULASI BELAJAR DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS DAN JENIS KELAMIN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER - BAB II DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL CHATRINE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK REGULASI BELAJAR DITINJAU DARI POLA ASUH DEMOKRATIS DAN JENIS KELAMIN Oleh : Chatrien Nadya Tristiyanti Regulasi belajar merupakan kegiatan dimana individu belajar secara aktif sebagai pengatur proses belajarnya sendiri, mulai dari merencanakan, memantau dan mengevaluasi dirinya sendiri secara sistematis untuk mencapai tujuan dalam belajar, dengan menggunakan berbagai strategi baik kognitif, motivasional maupun perilakunya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat perbedaan regulasi belajar pada siswa smk ditinjau dari pola asuh demokratis dan jenis kelamin. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa siswi SMKS Ma’arif 2 Penawaja, Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur yang berjumlah 7 kelas dengan jumlah siswa/i 196. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling kemudian didapatkan 90 siswa/i sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala regulasi belajar dan skala pola asuh demokratis. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis anova faktorial dibantu dengan software SPSS version 22.0 or windows. Hasil penelitian dapat dilihat dari nilai FA = 85,808 dengan p =0,000 (p < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan regulasi belajar ditinjau dari pola asuh demokratis, nilai FB = 29,436 dengan p = 0,000 (p < 0,05 ), yang berarti terdapat perbedaan regulasi belajar berdasarkan jenis kelamin. Kemudian nilai FAB = 0 dengan p =0 yang berarti bahwa tidak adanya interaksi regulasi belajar ditinjau dari pola asuh demokratis dan jenis kelamin. Kata Kunci : Regulasi Belajar, Pola Asuh Demokratis, Jenis Kelamin iii ABSTRACT LEARNING REGULATIONS VIEWED FROM DEMOCRATIC PARENTING AND GENDER By : Chatrien Nadya Tristiyanti Learning regulation is an activity in which individuals learn actively as a regulator of their own learning process, starting from planning, monitoring and evaluating themselves systematically to achieve goals in learning, using various cognitive, motivational and behavioral strategies. This study aims to look at differences in learning regulation among high school students in terms of democratic parenting and gender. The population used in this study were students at SMKS Ma'arif 2 Penawaja, Sekampung Udik District, East Lampung Regency, totaling 7 classes with a total of 196 students. This study used a quantitative method with a sampling technique, namely purposive sampling technique and obtained 90 students. /i as a sample. Data collection techniques in this study used a learning regulation scale and a democratic parenting scale. The analysis technique used is factorial anova analysis assisted by SPSS version 22.0 or windows software. he results of this study can be seen from the value of FA = 1.664 with p = 0.001 (p <0.05) which means that there are differences in learning regulations in terms of democratic parenting, the value of FB = 0.462 with p = 0.004 (p <0.05), which means there are differences in learning regulation based on gender. Then the FAB value = 0.920 with p = 0.507 (p> 0.05) which means that there is no interaction of learning regulations in terms of democratic parenting and gender. Keywords: Learning Regulation, Democratic Parenting, Gender

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:16
Last Modified: 14 Nov 2023 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31065

Actions (login required)

View Item View Item