JUAL BELI TANAH KAVLING SYARI’AH DENGAN CARA TAKE OVER DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH (Studi Kasus di Tanah Kavling Syariah Rilau Gadis, Lampung Selatan)

TALITHA, AISYA RAMADHIANI (2023) JUAL BELI TANAH KAVLING SYARI’AH DENGAN CARA TAKE OVER DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH (Studi Kasus di Tanah Kavling Syariah Rilau Gadis, Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK TALITHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan transaksi pengalihan hak dan kewajiban (take over) dengan transaksi pengalihan hutang (hiwalah) yaitu dalam hal subyek, obyek,serta pernyataan kesepakatan dalam transaksi. Transaksi ini pada hakikatnya bukan transaksi bisnis untuk mencari keuntungan komersial, akan tetapi bertujuan untuk menolong, dan tidak diperkenankan mengambil keuntungan. Rumusan Masalah Bagaimana proses sistem take over pada tanah kavling syariah Rilau Gadis, Lampung Selatan. Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap sistem cara take over pada tanah kavling Rilau Gadis, Lampung Selatan. Dengan tujuan penelitian proses sistem take over pada tanah kavling syariah Rilau Gadis, Lampung Selatan. Untuk mengatahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap sistem cara take over pada tanah kavling Rilau Gadis, Lampung Selatan Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data sekunder dan data primer dengan metode pengumpulandata wawancara, dokumentasi.. Hasil penelitian Take over di sini hampir sama dengan akad hiwalah mutlaqah yaitu pengalihan hutang yang dimiliki oleh pihak muhil (pihak yang berutang) terhadap pihak muhal (pihak yang menghutangkan) dengan sistem pelaksanaan dengan melakukan pengajuan terlebih dahulu, serta pengecakan dokumen. Pelaksanaan jual beli tanah dengan sistem take over menurut perspektif hukum Islam mengandung unsur hiwalah karena hiwalah adalah Semacam akad (ijab qobul) pemindahan utang dari tanggungan seseorang yang berutang kepada orang lain, dimana orang lain itu mempunyai utang pula kepada yang memindahka Kata kunci : Jual Beli, Tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:30
Last Modified: 13 Nov 2023 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31058

Actions (login required)

View Item View Item