EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 09 TULANG BAWANG BARAT

SHENY, KHOIRUNNISA (2023) EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 09 TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rasa percaya diri merupakan kunci dalam motivasi diri. Karena individu tidak dapat menjalani hidup dengan baik tanpa rasa percaya diri. Keyakinan pada diri sendiri baik itu tingkah laku, emosi dan kerohanian yag bersumber dari hati nurani untuk mampu melakukan segala sesuatu sesuai dengan kemampuan percaya diri yang baik, seseorang akan dapat mengaktualisasikan potensi-potensi yag ada dalam dirinya, percaya diri itu lahir dari kesadaran bahwa ketika seseorang memutuskan untuk melakukan sesuatu, sesuatu itu yang akan dilakukanya. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui Efektivitas Konseling Individu Teknik Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 09 Tulang Bawang Barat. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen, ialah rancangan yang meliputi hanya satu kelompok atau kelas yang diberikan pra dan pasca uji. desain penelitian one-group pretest�posttest design, yang mana Pengukuran sebelum diberikan treatmen yang disebut dengan pretest dan pengukuran sesudah diberikanya treatment yang mana disebut dengan posttest. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sampling purposive yang merupakan kelompok nonprobability sampling, yaang mana pada penelitian ini menggunakan 5 sampel peserta didik yag memiliki rasa percaya diri yang rendah. Berdasarkan hasil uji wilcoxon dengan menggunakan program IBM SPSS statistic 23. Dengan diperoleh Z hitung -2,023 yang mana Z hitung tersebut > 1, 1,96 Z tabel, dan pada symp.sig. (2-tailed) berdasarkan output hasil uji wilcoxon yaitu 0,043 yang mana lebih kecil dari 0,05 (0,043 < 0,05), pada hal itu dapat disimpulkan dari kedua perbandingan tersebut menunjukan adanya perbedaan skor setelah diberikannya treatment berupa layanan konseling individu dengan Teknik Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri peserta didik. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis Ha diterima “Terdapat Efektivitas Konseling Individu Teknik Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas VII SMPN 09 Tulang Bawang Barat” dan sebaliknya Ho ditolak. Kata Kunci : Konseling Individu, Teknik Rational Emotive Behavior Therapy, Rasa Percaya Diri iv ABSTRAC Self-confidence is key in self-motivation. Because individuals cannot live a good life without feeling confident. Effectiveness, belief in oneself both behavior, emotions and spirituality that comes from the conscience to be able to do everything in accordance with good self�confidence abilities, a person will be able to actualize the potentials that exist in him, self-confidence is born from the awareness that when someone decides to do something, something will be done. The goal to be achieved in this study is to determine the effectiveness of individual counseling Rational Emotive Behavior Therapy Technique to increase the self-confidence of grade VII students of SMP Negeri 09 Tulang Bawang Barat. In this study using a type of quantitative research, in this study using the pre-experimental method, is a design that includes only one group or class given pre and post test. One-group pretest-posttest design research design, where measurements before treatment are given which are called pretest and measurements after treatment which is called posttest. In this study using purposive sampling samples which are nonprobability sampling groups, which in this study used 3 samples of students who had low self-confidence. Based on Wilcoxon test results using IBM SPSS statistical program 23. With Z obtained calculate -2.023 where Z count is > 1, 1.96 Z table, and in symp.sig. (2-tailed) based on the output of the Wilcoxon test result which is 0.043 which is smaller than 0.05 (0.043 < 0.05), it can be concluded from the two comparisons showing a difference in scores after treatment in the form of individual counseling services with Rational Emotive Behavior Therapy Techniques to increase student confidence. So it can be concluded that Ha hypothesis is accepted "There is an Effectiveness of Individual Counseling Rational Emotive Behavior Therapy Technique to Increase Self�Confidence of Class VII Students of SMPN 09 Tulang Bawang Barat" and vice versa Ho was rejected. Keywords: Individu Counseling,Rational Emotive Behavior Therapy Techniques, Self-Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:52
Last Modified: 13 Nov 2023 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31055

Actions (login required)

View Item View Item