PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Nasabah Produk Tabungan Pendidikan PT. BPRS Rajasa Lampung Tengah Perseroda)

AMMY, ARIYANTI (2023) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Nasabah Produk Tabungan Pendidikan PT. BPRS Rajasa Lampung Tengah Perseroda). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AMMY ARIYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam menghadapi persaingan bisnis yang terus berkembang pesat hingga saat ini, setiap perusahaan perlu melakukan strategi pemasaran yang baik dan tepat sasaran agar dapat mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan suatu produk pada sebuah perusahaan tertentu. Salah satunya yakni melalui bauran pemasaran atau Marketing Mix. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan pendidikan PT. BPRS Rajasa Lampung Tengah Perseroda dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 68 responden yaitu nasabah yang menggunakan produk Tabungan Pendidikan PT. BPRS Rajasa Lampung Tengah. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Sedangkan proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisisi regresi linear sederhana yang diolah menggunakan menggunakan IBM SPSS For Windows versi 22. Adapun hasil penelitian, berdasarkan uji t (uji parsial) yang telah dilakukan maka menunjukkan bahwa dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan pendidikan hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (8,689) > ttabel (1,997). Kemudian berdasarkan uji koefesien determinasi (R2 ) menunjukkan bahwa variabel bebas (bauran pemasaran) terhadap variabel terikat (keputusan nasanah) berpengaruh cukup besar yakni 53,4% dan sisanya 46,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Nasabah iii ABSTRACT In facing business competition which continues to grow rapidly today, every company needs to carry out good and targeted marketing strategies in order to influence customers' decisions to use a product at a particular company. One way is through the marketing mix. The aim of this research is to find out how much influence the marketing mix has on customers' decisions to use PT's education savings products. BPRS Rajasa Central Lampung Perseroda from an Islamic economic perspective. This research uses quantitative methods with the type of field research (Field Research). Sampling in this study used the accidental sampling method, with a total sample of 68 respondents, namely customers who used PT Education Savings products. BPRS Rajasa Central Lampung. The data sources used are primary and secondary data. Meanwhile, the data analysis process in this research uses simple linear regression analysis which is processed using IBM SPSS For Windows version 22. As for the research results, based on the t test (partial test) that has been carried out, it shows that there is a significant influence between the marketing mix on customers' decisions to use educational savings products, this is proven by the value of tcount (8.689) > ttable (1.997). Then, based on the coefficient of determination test (R2), it shows that the independent variable (marketing mix) has quite a large influence on the dependent variable (property decisions), namely 53.4% and the remaining 46.6% is influenced by other variables not included in this research. Keywords: Marketing Mix, Customer Decision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Nov 2023 04:47
Last Modified: 13 Nov 2023 04:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31052

Actions (login required)

View Item View Item