MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD N 1 LEMATANG LAMPUNG SELATAN

RHIVA, JUSTIRA (2023) MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD N 1 LEMATANG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi BAB 1-2 DAPUST.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bermula dari rendahnya motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik sedangkan pendidik sudah menggunakan pembelajaran kontekstual. Adapun rumusan masalah yang terdapat di bab 1 yaitu bagaimana model pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V di SDN 1 Lematang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V di SDN 1 Lematang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pendidik telah menerapkan model pembelajaran kontekstual namun tidak mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan utuh, terdapat 2 langkah yang sering kali tidak dilakukan yaitu pada bagian questioning (bertanya) dan reflection (refleksi). Hal ini berdampak pada ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan oleh pendidik dan peserta didik tidak memiliki hasrat dan keinginan untuk berhasil sehingga motivasi belajar peserta didik masih rendah. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pembelajaran Kontekstual, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:49
Last Modified: 13 Nov 2023 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31050

Actions (login required)

View Item View Item