IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMAN 1 MENGGALA

MEIDI, MISBAHUDIN BUGUH WAWAI (2023) IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMAN 1 MENGGALA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMAN 1 MENGGALA OLEH : Meidi Misbahudin Buguh Wawai Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Implementasi Full Day School Dalam Peningkatan Karakter Religius Peserta Didik di SMAN 1 Menggala. SMAN 1 Menggala Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung merupakan salah satu sekolah negeri tertua yang ada di Kabupaten Tulang Bawang yang mampu meningkatkan karakter religius siswa-siswanya dengan pendalaman spiritual keagamaan. Oleh karena itu, SMAN 1 Menggala Kabupaten Tulang Bawang menjadi pilihan penulis untuk menkaji tentang implementasi full day school sehingga mampu meningkatkan karakter religius peserta didik. Teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling stategis dalam penelitian. Karena tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data. Penelitian ini menggunakan tiga macam teknik pengumpulan data, yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah selanjutnya penyajian data dalam penelitian kualitatif adalah dengan teks yang bersifat naratif. penyajianya juga dapat berbentuk tabel, dan bagan. Dalam penulisan kualitatif, penyakian data bisa dilakukan dengan bentuk uraian singkat, bagan, hubungan antar kategori dan sejenisnya, tetapi yang paling sering digunakan adalah teks yang bersifat naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan melalui full Day school di SMAN 1 Menggala yaitu mengembangkan nilai karakter religius, peduli sosial, mandiri dan disiplin. (2) Full day school dalam pembentukan karakter siswa di SMAN 1 Menggala yaitu melalui: (a) kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan sehari penuh dari pagi sampai sore yang menggunakan model sekolah dengan pemadatan 5 hari efektif yakni dari senin sampai jum’at di mulai dari jam 07:15 – 15:30, (b) Proses pembentukan melalui budaya sekolah yaitu dalam kegiatan rutin, spontan dan metode keteladanan. (3) Implementasi full day school dalam pembentukan karakter di SMAN 1 Menggala menciptakan sikap dan prilaku siswa yang cukup baik seperti meningkatnya nilai prestasi dan nilai religius, mandiri, disiplin dan siswa lebih peduli terhadap sesama. Kata kunci : Implementasi full day school, karakter religius, SMA iv ABSTRACT IMPLEMENTATION OF FULL DAY SCHOOL IN ENHANCING THE RELIGIOUS CHARACTER OF STUDENTS AT SMAN 1 MENGGALA BY: Meidi Misbahudin Buguh Wawai This study aims to determine the implementation of Full Day School in enhancing the religious character of students at SMAN 1 Menggala. SMAN 1 Menggala, located in Tulang Bawang Regency, Lampung Province, is one of the oldest public schools in the region that has been successful in enhancing the religious character of its students through deepening their spiritual and religious understanding. Therefore, SMAN 1 Menggala was chosen by the author to examine the implementation of full day school as a means to enhance the religious character of students. Data collection techniques are crucial steps in the research process, as the main objective is to obtain data. This study utilizes three data collection techniques: observation, interviews, and documentation. The presentation of data in qualitative research is in the form of narrative text, which can also include tables and charts. In qualitative writing, data presentation can be done through brief descriptions, charts, inter-category relationships, and the like, but the most commonly used form is narrative text. The results of the study indicate that: (1) The character values developed through Full Day School at SMAN 1 Menggala include the development of religious character, social care, independence, and discipline. (2) Full day school in shaping student character at SMAN 1 Menggala is achieved through: (a) full-day learning activities held from morning until afternoon, following a 5-day compact schedule from Monday to Friday, starting from 07:15 AM to 03:30 PM, (b) Character formation process through school culture, involving routine and spontaneous activities, as well as exemplary methods. (3) The implementation of full day school in character formation at SMAN 1 Menggala results in positive attitudes and behaviors among students, such as improved academic and religious performance, increased independence, discipline, and greater concern for others. Keywords: Implementation of full day school, religious character, high school

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:10
Last Modified: 10 Nov 2023 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31044

Actions (login required)

View Item View Item