ANALISIS PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACAAN AL-QUR’AN PADA ANAK-ANAK DI RUMAH QUR’AN BAITUS SHUFFAH BANDAR LAMPUNG

AISYAH, SYIFA QOTHRUNNADA (2023) ANALISIS PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACAAN AL-QUR’AN PADA ANAK-ANAK DI RUMAH QUR’AN BAITUS SHUFFAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AISYAH SYIFA QOTHRUNNADA PAI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Mengingat sangat pentingnya Al-Qur‘an sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi umat Islam, maka umat Islam harus mampu membaca Al-Qur‘an dengan benar sesuai dengan kaidah hukum bacaannya. Jadi, untuk meningkatkan kemampuan membaca dan pengamalan Al-Qur‘an dalam kehidupan sehari-hari, perlu diadakan pembelajaran Al�Qur‘an yang sesuai dengan ketentuan kaidah atau aturan yang benar kepada seluruh umat Islam tanpa memandang status dan usia. Pembelajaran Al-Qur‘an saat ini sudah banyak perkembangan, baik melalui sekolah formal maupun informal seperti TPQ atau lembaga-lembaga Qur‘an yang bertujuan menjadikan seorang santri bisa membaca al-Qur‘an secara benar dan baik sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid serta makharijul huruf. Dalam proses pembelajaran membaca Al�Qur‘an diperlukan sebuah metode. Sebab, metode mempunyai peranan sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan metode akan mampu mengembangkan sikap mental dan kepribadian agar peserta didik menerima pelajaran dengan mudah, efektif, dan dapat dicerna dengan baik. Metode dalam membaca Al-Qur‘an yang dapat digunakan untuk memudahkan dan menyenangkan dalam proses belajar Al-Qur‘an sudah banyak berkembang dan sangat beragam salah satunya yaitu metode Ummi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode ummi dan menemukan faktor pendorong serta faktor penghambat penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an pada anak-anak di Rumah Qur‘an Baitus Shuffah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) Penerapan Metode Ummi terbilang efektif dan dapat iv meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an pada anak�anak baik dalam hal tajwid, fashahah, dan lahjah (nada Ummi). Penerapan metode ummi dilakukan dengan iv tahapan yakni diawali dengan pembukaan, kemudian Apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi dan diakhiri dengan penutup. (2) Faktor pendorong dalam metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an pada anak-anak di Rumah Qur‘an Baitus Shuffah Bandar Lampung adalah niat yang lurus, alat peraga yang memadai dan metode yang mudah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kualitas guru yang belum memadai, tingkatan umur yang berbeda dalam satu halaqah, pengondisian kelas yang kurang maksimal serta kurangnya manajemen waktu dalam kelas. Kata kunci: Penerapan, Metode Ummi, Kemampuan membaca Al-Qur‘an v ABSTRACT Given the very importance of the Al-Qur'an as a guide and guide for life for Muslims, Muslims must be able to read the Al-Qur'an correctly according to the rules of the reading law. So, to improve the ability to read and practice the Al-Qur'an in everyday life, it is necessary to hold Al-Qur'an learning in accordance with the provisions of the correct rules or regulations for all Muslims regardless of status and age. At present there are many developments in learning the Qur'an, both through formal and informal schools such as TPQ or Qur'an institutions which aim to make a santri able to read the Qur'an correctly and properly in accordance with the rules of tajwid science as well as makharijul letters. In the process of learning to read the Koran, a method is needed. Because, the method has a very important role in efforts to achieve learning objectives. Using the method will be able to develop mental attitudes and personality so that students receive lessons easily, effectively, and can be digested properly. Methods in reading the Qur'an that can be used to make it easier and fun in the learning process of the Qur'an have developed a lot and are very diverse, one of which is the Ummi method. This study aims to describe the application of the ummi method and find the driving factors and inhibiting factors for the application of the ummi method in improving the ability to read the Koran in children at the Qur'an Baitus Shuffah House, Bandar Lampung. This study uses a qualitative approach, with a qualitative descriptive research type. Data collection techniques used are by conducting interviews, observation, and documentation. From the results of this study it can be seen that (1) The application of the Ummi Method is effective and can improve the ability to read the Koran in children both in terms of recitation, fashahah, and lahjah (Ummi tone). The application of the ummi method is carried out in 7 stages, starting with the opening, then apperception, instilling the concept, understanding the concept, training/skills, evaluating and ending with closing. (2) The driving factors in the Ummi method in improving the ability to read the Koran vi in children at the Baitus Shuffah Qur'an House Bandar Lampung are straight intentions, adequate teaching aids and easy methods. While the inhibiting factors are inadequate teacher quality, different age levels in one halaqah, class conditioning that is less than optimal and lack of time management in class. Keywords: Application, Ummi Method, Ability to read Al-Qur'an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:03
Last Modified: 10 Nov 2023 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31043

Actions (login required)

View Item View Item