LAYANAN BIMBINGAN INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 2 PRINGSEWU

RUDDAT, ILAINA ROHMAN (2023) LAYANAN BIMBINGAN INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 2 PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan disiplin belajar merupakan hal yang sudah umum dan seringkali terjadi baik di dalam lingkungan masyarakat maupun dalam lingkungan sekolah. Hal ini membuat disiplin belajar sangat penting karena suatu kedisiplinan merupakan awal dari sebuah kesuksesan. Penggunaan metode pendekatan behavioristik dengan pemberian reward dan punishment memungkinkan peserta didik untuk disiplin belajar selama proses pembelajaran serta dalam penanaman nilai karakter. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran disiplin belajar peserta didik, pelaksanaan layanan bimbingan individu dengan pendekatan behavioristik dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik, evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan layanan bimbingan individu dengan pendekatan behavioristik dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik MIN 2 Pringsewu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan behavioristik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan atau verifikasi data. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di MIN 2 Pringsewu, dengan sampel 5 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan individu dengan pendekatan behavioristik terhadap peserta didik SFH, FNM, INA, AM, dan YS berjalan cukup baik dilakukan oleh Guru Bimbingan Konseling seperti membantu mengarahkan dan memberi saran serta motivasi kepada peserta didik untuk meningkatkan disiplin belajar agar memperoleh prestasi yang baik. Peran guru Bimbingan dan Konseling dalam pelaksanaan layanan bimbingan individu pendekatan behavioristik dengan reinforcement reward dan punishment sangatlah penting untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik, hal ini karena pemberian reward sebagai bentuk apresiasi perilaku disiplin yang baik sehingga membuat peserta didik senang dan meningkatkan motivasi belajarnya, sedangkan pemberian punishment membuat peserta didik bertanggungjawab terhadap pelanggaran yang dilakukan dan membuat peserta didik agar tidak mengulangi pelanggaran tersebut sehingga terciptanya lingkungan sekolah dengan disiplin belajar yang tinggi. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Behavioristik, Reward, Punisment iii ABSTRACT Learning discipline problems are common and often occur both in the community and in the school environment. This makes learning discipline very important because discipline is the beginning of success. The use of a behavioristic approach method by providing rewards and punishment allows students to be disciplined in learning during the learning process and in cultivating character values. The aim of this research is to determine the description of student learning discipline, the implementation of individual guidance services with a behavioristic approach in improving students' learning discipline, evaluation and follow-up to the implementation of individual guidance services with a behavioristic approach in improving the learning discipline of MIN 2 Pringsewu students. This research uses qualitative research with a behavioristik approach. Data collection techniques use interview techniques, observation and documentation. Meanwhile, data analysis techniques use data reduction, data presentation, and drawing conclusions or data verification. The population in this study were class V students at MIN 2 Pringsewu, with a sample of 5 students. The results of the research show that the implementation of individual guidance services with a behavioristic approach for SFH, FNM, INA, AM, and YS students went quite well by the Guidance Counseling Teacher, such as helping to direct and provide advice and motivation to students to improve learning discipline in order to achieve achievement. the good one. The role of Guidance and Counseling teachers in implementing individual guidance services with a behavioristic approach with reinforcement rewards and punishments is very important to improve students' learning discipline, this is because giving rewards is a form of appreciation for good disciplinary behavior so that it makes students happy and increases their learning motivation, while giving Punishment makes students responsible for violations committed and prevents students from repeating these violations so as to create a school environment with high learning discipline. Keywords: Learning Discipline, Behaviorism, Reward, Punishment

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2023 06:23
Last Modified: 10 Nov 2023 06:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31039

Actions (login required)

View Item View Item