PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SANTRI DI RUMAH QUR’AN AR-RAHMAN KECAMATAN TEGINENENG PESAWARAN

Putri, Anggraeni (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SANTRI DI RUMAH QUR’AN AR-RAHMAN KECAMATAN TEGINENENG PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&Rujukan.pdf] PDF
Download (16MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Al-Qur’an merupakan sumber yang dijadikan sebagai landasan dalam agama Islam, dimana Al-Qur’an begitu penting dalam membimbing dan mengarahkan umat manusia. Oleh karena itu, wajib bagi setiap muslim untuk mempelajari, memahami dan membacanya dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya masih banyak dari anak-anak yang beragama Islam belum semuanya memiliki kemampuan yang baik dalam membaca dan menulis Al�Qur’an. Orang tua dalam mendidik anak agar mampu dalam membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar salah satunya dengan cara mengikutsertakan anak pada lembaga pendidikan Al-Qur’an. Dalam lembaga pendidikan Al-Qur’an tersebut mempunyai guru yang disebut ustadz dan ustadzah dimana guru tersebut mempunyai peran yang penting dalam aktifitas pembelajaran santri terutama dalam mengajarkan membaca dan menulis Al-Qur’an. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah metode kualitatif, dimana pengumpulan data nya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data nya menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi lalu penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru memiliki peran dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di Rumah Qur’an Ar-Rahman Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran. Peran guru tersebut diantaranya ialah sebagai pembimbing, motivator, serta evaluator, sehingga dengan adanya peran guru tersebut santri mampu untuk membaca dan menulis Al�Qur’an dengan baik dan benar. Kata kunci: Peran guru, Baca Tulis Al-Qur’an iii ABSTRACT The Al-Qur'an is a source that is used as the foundation in the religion of Islam, where the Al-Qur'an is so important in guiding and directing mankind. Therefore, it is mandatory for every Muslim to learn, understand and read it in everyday life. However, in reality there are still many Muslim children who do not all have good abilities in reading and writing the Qur'an. Parents in educating their children to be able to read and write the Qur'an properly and correctly, one of which is by enrolling their children in Al-Qur'an educational institutions. In these Al-Qur'an educational institutions there are teachers called ustadz and ustadzah where these teachers have an important role in the learning activities of students, especially in teaching reading and writing of the Al-Qur'an. In this study the method used is a qualitative method, where the data collection uses observation, interviews, and documentation. While the data analysis technique uses data reduction, data presentation, verification and then drawing conclusions. The results of this study indicate that the teacher has a role in improving the ability to read and write the Koran at the Ar-Rahman Qur'an House, Tegineneng District, Pesawaran Regency. The role of the teacher includes being a guide, motivator, and evaluator, so that with the role of the teacher, students are able to read and write the Qur'an properly and correctly. Keywords: The role of the teacher, Read and Write Al�Qur'an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2023 08:00
Last Modified: 09 Nov 2023 08:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31034

Actions (login required)

View Item View Item