PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REMAP-TPS (READING CONCEPT MAP–THINK PAIR SHARE) BERBANTUAN APLIKASI XMIND TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

MURNI, AULIA NITAMI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REMAP-TPS (READING CONCEPT MAP–THINK PAIR SHARE) BERBANTUAN APLIKASI XMIND TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI MURNI AULIA NITAMI 1911050136-P.MTK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian yang peneliti lakukan diketahui bahwa kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis peserta didik di kelas VII SMP Negeri 1 Buay Madang Timur masih tergolong rendah. Hal ini diketahui dari banyaknya peserta didik yang mendapat nilai di bawah standar penilaian, dari 95 peserta didik yang mengikuti tes kemampuan pemahaman konsep hanya 16 peserta didik yang mencapai nilai KKM, dan dari 95 peserta didik yang mengikuti tes penalaran matematis hanya 18 peserta didik yang mencapai nilai KKM. Maka peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis. Sehingga tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran REMAP-TPS berbantuan aplikasi Xmind terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis. Jenis penelitian ini menggunakan quasi experiment design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Buay Madang Timur, dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 1 dengan perlakuan pengaruh model pembelajaran REMAP-TPS berbantuan aplikasi Xmind, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 dengan perlakuan pengaruh model pembelajaran REMAP-TPS, dan VIII A sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan tes sebagai teknik pengumpulan data, dengan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan perhitungan uji MANOVA, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran REMAP�TPS berbantu aplikasi Xmind terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran REMAP-TPS, Kemampuan Pemahaman Konsep, dan Penalaran Matematis iv ABSTRACT Based on the results of the pre-research conducted by the researchers, it was found that the students' ability to understand concepts and mathematical reasoning in class VII SMP Negeri 1 Buay Madang Timur was still relatively low. This is known from the number of students who scored below the assessment standard, of the 95 students who took the concept comprehension test only 16 students achieved the KKM score, and of the 95 students who took the mathematical reasoning test only 18 students achieved KKM value. So researchers are interested in applying a learning model that can improve the ability to understand concepts and mathematical reasoning. So the purpose of this study was to determine the effect of the REMAP-TPS learning model assisted by the Xmind application on the ability to understand concepts and mathematical reasoning. This type of research uses a quasi-experimental design. The population in this study were all students of class VIII SMP Negeri 1 Buay Madang Timur, using cluster random sampling as a sampling technique. The samples obtained were class VIII C as the experimental class 1 with the treatment of the influence of the REMAP-TPS learning model assisted by the Xmind application, class VIII B as the experimental class 2 with the treatment of the influence of the REMAP-TPS learning model, and VIII A as the control class with the expository learning model. This study uses a test as a data collection technique, with data analysis used is the test of normality and homogeneity. Testing the hypothesis in this study using the MANOVA test. Based on the MANOVA test calculations, it was concluded that there was an influence of the REMAP-TPS learning model assisted by the Xmind application on students' ability to understand concepts and mathematical reasoning. Keywords : REMAP-TPS Learning Model, Ability to Understand Concepts, and Mathematical Reasoning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:05
Last Modified: 09 Nov 2023 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31033

Actions (login required)

View Item View Item