PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI BERBANTU KOMIK MATEMATIKA GO GREEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN DATAR SMP

NELI, INTAN KURNIAWATI (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI BERBANTU KOMIK MATEMATIKA GO GREEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN DATAR SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of NELI SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil dari pra penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa tingkat pemahaman matematis siswa masih terbilang kurang, karena hanya 17 siswa yang memiliki nilai diatas KKM dari 64 siswa yang di tes, setelah dilakukan wawancara dengan guru dan membagikan angket kebutuhan peserta didik ternyata siswa belum pernah menggunkan bahan ajar selain LKS dan buku paket, maka peneliti tertarik untuk mengembangan bahan ajar berupa komik matematika go green untuk meningkatkan pemahman matematis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas bahan ajar gamifikasi dengan komik matematika go green terhadap kemampuan pemahaman matematis pada materi bangun datar. Penelitian ini dilakukan lakukan di MTs Islamiyah Sumber Mulyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. ADDIE menggunakan 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data validasi ahli, analisis uji coba produk, dan analisis efektifitas. Hasil dari uji kelayakan validasi ahli bahan ajar gamifikasi dengan komik matematika go green adalah valid dengan nilai rata�rata 3,77. Hasil uji kemenarikan pada kelompok kecil yaitu sangat menarik dengan nilai 3,50, sedangkan pada kelompok besar yaitu sangat menarik dengan nilai 3,61. Sedangkan hasil efektifitas yaitu sedang, dengan nilai 0,55. Kesimpulannya adalah bahan ajar gamifikasi dengan komik matematika go green terhadap kemampuan pemahaman matematis pada materi bangun datar layak, menarik, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Bahan Ajar Gamifikasi, Komik Mematika Go Green, Pemahaman Matematis iv ABSTRACT Based on the results of the pre-research conducted by the researchers, it was shown that the level of students' mathematical understanding was still lacking, because only 17 students had scores above the KKM of the 64 students who were tested. teaching materials other than worksheets and textbooks, the researcher is interested in developing teaching materials in the form of go green math comics to improve students' mathematical understanding. The purpose of this study was to determine the effectiveness of gamification teaching materials with go green math comics on mathematical understanding abilities in flat shape material. This research was carried out at MTs Islamiyah Sumber Mulyo. This type of research is development research or Research and Development (R&D). The research method used is the ADDIE model. ADDIE uses 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection techniques used were questionnaires, tests and interviews. The data analysis techniques used are expert validation data analysis, product trial analysis, and effectiveness analysis. The results of the feasibility test for expert validation of gamification teaching materials with go green mathematics comics are valid with an average value of 3.77. The results of the attractiveness test in the small group were very attractive with a value of 3.50, while in the large group, they were very attractive with a value of 3.61. Meanwhile, the effectiveness results are moderate, with a value of 0.55. The conclusion is that gamification teaching materials with go green math comics on mathematical understanding abilities in flat shape material are feasible, interesting, and effective for use in the learning process. Keywords: Gamification Teaching Materials, Go Green Deadly Comics, Mathematical Understanding

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2023 04:18
Last Modified: 09 Nov 2023 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31028

Actions (login required)

View Item View Item