IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 SUNGAI ROTAN KABUPATEN MUARA ENIM SUMATRA SELATAN

PAITA, RUHA (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 SUNGAI ROTAN KABUPATEN MUARA ENIM SUMATRA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK PAITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam menanamkan karakter peserta didik di kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 sungai rotan kabupaten muara enim sumatra selatan. Dikarnakan karakter sangat penting dalam diri peserta didik oleh sebab itu seorang guru tidak hanya memberikan materi pembelajaran saja melainkan harus bisa menanamkan karakter yang baik terhadap peserta didik, dengan ini peserta didik tidak hanya mendapatkan ilmu materi pelajaran saja tetapi peserta didik juga bisa memiliki karakter yang baik pada saat pembelajaran didalam kelas atau diluar kelas. Dalam situasi ini, Pendidikan Agama Islam sebagai mata pelajaran yang kaya akan nilai�nilai karakter menjadi landasan untuk menanamkan karakter peserta didik, bahkan kegiatan keagamaan Islam di sekolah membantu peserta didik mengembangkan karakter yang baik. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan data akan di analisis menggunakan teknik redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, guna untuk mengolah hasil dari penelitian Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Peserta Didik di kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim Sumatra Selatan. Pada saat penelitian di SMA Negeri 1 sungai rotan kabupaten muara enim sumatra selatan, terkhusus lagi di kelas XI IPS 2 pada saat peneliti observasi dan wawancara peneliti mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui karakter peserta didik pada saat dikelas, setelah peneliti dapatkan pada saat wawancara dan observasi bukan hanya mendapatkan peningkatan karakter peserta didik saja, tetapi peneliti juga dapat mengetahui proses pembelajaran dikelas XI IPS 2 yang diajarkan oleh guru yang mengajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam, peneliti juga dapat mengetahui bahwa guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi dengan menerapkan model talking stick (tongkat berbicara) dengan metode ini dapat meningkatkan karakter peserta didik menjadi lebih baik dari sebelumnya dan guru juga menggunakan iii strategi yang luar biasa supaya karakter peserta didik pada saat dikelas tetap konsisten. Kata Kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Menanamkan Karakter iv ABSTRACT This research aims to determine the implementation of Islamic religious education learning in instilling character in students in class XI IPS 2 at SMA Negeri 1 Sungai Rattan, Muara Enim Regency, South Sumatra. Because character is very important in students, therefore a teacher must not only provide learning material but must be able to instill good character in students, with this students not only get knowledge of the subject matter but students can also have good character. during learning in the classroom or outside the classroom. In this situation, Islamic Religious Education as a subject rich in character values becomes the basis for instilling character in students, even Islamic religious activities at school help students develop good character. This type of research uses descriptive qualitative methods with data collection techniques, namely observation, interviews and documentation. And the data will be analyzed using data reduction techniques, data presentation and drawing conclusions, in order to process the results of research on the Implementation of Islamic Religious Education Learning in Instilling Student Character in class XI IPS 2 at SMA Negeri 1 Sungai Rotan, Muara Enim Regency, South Sumatra. During the research at SMA Negeri 1 Sungai Rattan, Muara Enim Regency, South Sumatra, especially in class During interviews and observations, not only did the students' character improve, but the researcher was also able to find out about the learning process in class XI IPS 2 which was taught by teachers who taught Islamic Religious Education. Applying the talking stick model with this method can improve students' character to be better than before and teachers also use extraordinary strategies so that students' character in class remains consistent. Key Words : Learning Islamic Religious Education, instilling character

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:08
Last Modified: 09 Nov 2023 03:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31025

Actions (login required)

View Item View Item