PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-TALK DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR PESERTA DIDIK SMK YPI SEPUTIH MATARAM LAMPUNG TENGAH

AULIA, ZAHRA SURYANA (2023) PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-TALK DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR PESERTA DIDIK SMK YPI SEPUTIH MATARAM LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI _AULIA ZAHRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan tanggung jawab belajar pada peserta didik di sekolah, seperti peserta didik tidak melakukan tugas belajar dengan rutin, peserta didik menyalahkan orang lain atas kesalahannya, peserta didik tidak memiliki minat untuk menekuni belajar, peserta didik tidak menghormati dan menghargai aturan di sekolah, peserta didik tidak menghormati dan menghargai aturan di sekolah, dan peserta didik tidak dapat berkonsentrasi pada pembelajaran yang rumit. Permasalahan ini didapati pada peserta didik di kelas XI Pemasaran di SMK YPI Seputih Mataram Lampung Tengah. Self-talk adalah teknik yang dapat digunakan individu untuk menyangkal keyakinan negatif, dan mengembangkan pikiran yang lebih positif atas diri sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik Self-talk terhadap tanggung jawab belajar peserta didik di SMK YPI Seputih Mataram Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus, kasus dari penelitian ini terdiri dari multi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang terdiri dari 6 subyek dan obyek penelitian adalah Guru BK di SMK YPI Seputih Mataram Lampung Tengah. Adapun prosedur pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik Self-talk dalam menumbuhkan kesadaran tanggung jawab belajar peserta didik terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap akhir. Sedangkan pelaksanaan teknik Self-talk dalam menumbuhkan kesadaran tanggung jawab belajar peserta didik terdiri dari 4 langkah, yaitu peserta didik dibantu untuk mengidentifikasikan dan mengetahui Self-talk negatif pada dirinya sendiri, peserta didik dibantu untuk melawan Self-talk negatif pada dirinya, peserta didik dibantu mengubah Self-talk negatif menjadi Self-talk positif dengan cara menjelajahi gagasan-gagasan konseli untuk menentukan tujuan-tujuan rasionalnya, peserta didik dibantu untuk melakukan Self-talk secara iv terus-menerus jika positif Self-talk nya sudah didapatkan. Perubahan yang dirasakan setelah melaksanakan konseling kelompok dengan teknik Self-talk yaitu adanya perubahan perilaku pada peserta didik menjadi lebih baik. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Self-talk, Tanggung Jawab Belajar v ABSTRACT This study is based on the problem of learning responsibility to learners at school, such as learners does not perform a learning task with a regular, learners blame others for the mistakes, learners do not have interest to pursue learning, learners do not respect and appreciate the rules in schools, learners do not respect and appreciate the rules in schools, and learners can not concentrate on complicated learning. This problem was found to learners in class XI Marketing at SMK YPI Seputih Mataram Middle Lampung. Self-talk is an individual that can be used to deny negative beliefs, and develop a more positive mind of yourself. The purpose of this study is to know how the group's counseling implementation with Self-talk techniques on learning responsibilities of learners at SMK YPI Seputih Mataram Middle Lampung. The research method used in this research is qualitative with case study design, the case of this study consists of multi cases. Subjects in this study are students of class XI consisting of 6 subjects and objects of research is BK Master at SMK YPI Seputih Mataram Middle Lampung. The data collection procedures by using interviews, observation and documentation. The results of the implementation of group counseling services with Self-talk techniques in growing awareness of learning responsibility consist of 4 stages: the formation of the formation, the transition phase, the stage of activity, and the final stage. While the implementation of Self-talk techniques in growing awareness of learning responsibility of learners consists of 4 steps, the study is assisted to identify and know the negative Self-talks on its own, learners are helped against against the Self-talk negative on him, learners are helped to convert negative Self-talks to be positive Self�talk by exploring the consensel ideas to determine its rational goals, learners are helped to perform Self-talk continuously if their Self-talk positives have been obtained. The perceived change after carrying out group counseling with Self-talk techniques is the change of behavior in learners to be better. Keywords: Group Counseling, Self-talk Technique, Learning Responsibility

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Nov 2023 08:09
Last Modified: 08 Nov 2023 08:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31024

Actions (login required)

View Item View Item