PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMPN 3 BANDAR LAMPUNG

FAZAL, FAUZI (2023) PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMPN 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skripsi Fazal Fauzi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sosial media dalam beberapa tahun ini sangat marak digunakan oleh semua lapisan masyarakat dari berbagai kategori usia. Melihat siswa yang sering menggunakan sosial media, maka untuk menarik minat para siswa dalam mengakses informasi pembelajaran perlu inisiatif untuk memanfaatkan sosial media sebagai media penyampaian layanan informasi di sekolah, hal itu dilakukan agar siswa lebih senang dan mudah ketika mengakses layanan materi pembelajaran ataupun layanan Bimbingan Konseling. Kepercayaan diri adalah salah satu aspek kepribadian yang paling penting pada masa perkembangan siswa, oleh karena itu, penting bagi siswa untuk memiliki kepercayaan diri yang kuat agar mereka mampu menghadapi segala situasi yang dihadapi dan untuk mencegah hal negatif yang dapat membuat mereka merasa terisolasi, meragukan kemampuan mereka dalam proses belajar, dan merasa malu karena kurangnya rasa percaya diri pada diri mereka sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanan layanan informasi menggunakan sosial media instagram untuk meningkatkan pemahaman kepercayaan diri siswa di SMPN 3 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan bentuk desain yang digunakan yaitu one group pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa kelas 8.2 di SMPN 3 Bandar Lampung yang memiliki pemahaman kepercayaan diri yang dalam kategori rendah dan sedang. Dalam penelitian ini berfokus pada pelaksanaan layanan informasi menggunakan sosial media instagram untuk meningkatkan pemahaman kepercayaan diri siswa di SMPN 3 Bandar Lampung dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menunjunkan sosial media instagram dapat meningkatkan meningkatkan pemahaman kepercayaan diri siswa. Terlihat dari nilai hasil posttest dengan rerata nilai = 80,75 ≥ pretest = 61,875. Diperoleh nilai t hitung = 10,621 lebih besar dari r tabel 0.05, nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari alpha (0,000 < 0,05). Dengan demikian terlihat bahwa layanan informasi iv menggunakan sosial media instagram dapat meningkakant pemahaman kepercayaan diri siswa di SMPN 3 Bnadar Lampung. Kata kunci : Layanan Informasi, Sosial Media Instagram, Kepercayaan Diri v ABSTRACT Social media has been widely used by people of all ages and various backgrounds in recent years. Considering that students frequently use social media, an initiative is needed to attract their interest in accessing educational information. This can be achieved by utilizing social media as a platform to deliver informational services in schools, making it more enjoyable and convenient for students to access learning materials and counseling services. Self-confidence is one of the most crucial aspects of a student's personality during their developmental phase. Therefore, it is important for students to possess strong self-confidence, enabling them to face various situations and prevent negative outcomes that may lead to feelings of isolation, doubt in their learning abilities, and shame due to a lack of self�confidence.The aim of this research is to determine the effectiveness of providing informational services through Instagram, a social media platform, to enhance students' self-confidence understanding in SMPN 3 Bandar Lampung. This research uses a quantitative method. The design employed in this study is a pre-experimental design with the specific form of one group pre-test and post-test design. The sample for this research consists of 8 students from class 8.2 at SMPN 3 Bandar Lampung, who have low to moderate levels of self-confidence understanding. The main focus of this study is to assess the effectiveness of utilizing Instagram as a medium for delivering informational services to enhance students' self-confidence understanding at SMPN 3 Bandar Lampung. The data collection technique used in this research is a questionnaire. The results obtained in this study show that Instagram, as a social media platform, is effective in enhancing students' self-confidence understanding. This is evident from the posttest scores with a mean value of 80.75, which is greater than the pretest scores of 61.875. The calculated t-value of 10.621 is higher than the critical t-value at 0.05 significance level, and the p-value (2-tailed) is smaller than alpha (0.000 < 0.05). Therefore, it can be concluded that the use of Instagram as a medium for delivering informational services is effective in improving students' self-confidence understanding at SMPN 3 Bandar Lampung. vi Keywords: Information Services, Instagram Social Media, Self�Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:39
Last Modified: 08 Nov 2023 07:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31023

Actions (login required)

View Item View Item