STRATEGI DAKWAH DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK TAHFIDZ QUR’AN NURUL MUTTAQIN KELAPA TUJUH LAMPUNG UTARA

DIAN, FAUZANAH (2023) STRATEGI DAKWAH DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PONDOK TAHFIDZ QUR’AN NURUL MUTTAQIN KELAPA TUJUH LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakwah dalam mengembangkan sumber daya manusia di PONDOK TAHFIDZ QUR’AN NURUL MUTTAQIN KELAPA TUJUH LAMPUNG UTARA yang kemudian menyajikan dua substansi permasalahan yaitu : (1) Bagaimana strategi dakwah di Pondok Tahfidz Qur’an Nurul Muttaqin? (2) Apa faktor pendukug dan penghambat dalam pengembangan sumber daya manusia di Pondok Tahfidz Qur’an Nurul Muttaqin? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan strategi dakwah melalui studi kasus pada Pondok Tahfidz Qur’an Nurul Muttaqin dan berlokasi di Kelurahan Kelapa Tujuh Kecamatan Kotabumi Selatan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, analisis perbandingan dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dakwah yang dilakukan dalam masa pandemi covid-19 yaitu dengan menggunakan media online seperti membuat grup whatsapp per mata pelajaran, live di facebook dan mondok bagi santri tahfiz khusus. Adapun faktor pendukung dalam mengembangkan sumber daya manusia, yaitu: jumlah guru yang memadai, sarana dan prasarana, lokasi yang strategis, mata pelajaran umum dan bantuan kuota belajar. Adapun faktor penghambat, yaitu: faktor internal seperti pembina dan santri sedangkan faktor eksternal sarana dan prasarana dan juga jaringan. Implikasi penelitian yaitu: (1) dalam meningkatkan dakwah santri hendaknya pimpinan tidak melakukan pergantian pembina agar metode yang digunakan tidak berubah-ubah serta kedekatan santri dan juga pembina berjalan baik, (2) perlunya kesadaran dari para santri untuk lebih giat dan aktif dalam proses mengikuti pelajaran, (3) kepada pihak Pondok Tahfidz Qur’an Nurul Muttaqin agar bisa menanggulangi hambatan yang mengganggu berjalannya proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Nov 2023 06:52
Last Modified: 08 Nov 2023 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31020

Actions (login required)

View Item View Item