PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 SRIDADI

KARVITA, ERNALISA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 SRIDADI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KARVITA ERNALISA...pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Sangat Diperlukan Dalam Pembelajaran Matematika. Pemahaman Konsep Yang Baik Menjadi Dasar Untuk Pengembangan Materi Berikutnya. Berdasarkan Hasil Pra Penelitian Yang Dilakukan Permasalahan Yang Melatar Belakangi Penelitian Ini Adalah Masih Rendahnya Pemahaman Siswa Terhadap Pemahaman Matematika. Oleh Karena Itu Untuk Mengatasi Permasalahan Tersebut Dibutuhkan Tambahan Model Pembelajaran Bervariasi Sehingga Peserta Didik Menjadi Lebih Aktif, Memotivasi Dan Dapat Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika. Hal Intu Dapat Dilihat Pada Nilai Yang Diperoleh Peserta Didik Kelas Iv Sdn 1 Sridadi Tanggamus Pada Pra Penelitian Persentase Sebesar 82 % Untuk Peserta Didik Yang Mendapatkan Nilaidiatas Kktp Dan 18 % Peserta Didik Yang Mendapatkan Nilai Dibawah Kktp. Oleh Karena Itu Peneliti Melakukan Penelitian Menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education. Rumusan Dalam Penelitian Ini Yaitu Adalah Apakah Terdapat Pengaruh Mode Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas Iv Sdn 1 Sridadi. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas Iv Sdn 1 Sridadi Penelitian Ini Merupakan Penelitian Kuantitatif Eksperimen Eksperimennya Yaitu True Experimental Design. Jenis Penelitian Ini Dengan Cara Yang Digunakan Adalah Menggunakan Pretest Dan Posttest Di Kelas Eksperiman Dan Kelas Kontrol. Penelitian Ini Dilaksanakan Di Sd Negeri 1 Sridadi Tanggamus Dengan Teknik Pengembilan Sampel Yaitu Dengan Teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan Sampel Pada Penelitian Ini Terdiri Dari Dua Kelompok Kelas Diantaranya Kelas Eksperimen Dan Kelas Kontrol. Dimana Kelas Eksperimen Tersebut Adalah Kelas Iv B Dan Kelas Kontrol Adalah Kelas Iv A. Dengan Teknik Pengambilan Data Menggunakan Tes. Buku Diperoleh Dari Buku-Buku Tentang Model Realistic Mathematics Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Berdasarkan Pengolahan Data Hasil Analisis Uji Normalitas Dan Homogenitas Diperoleh Bahwa Kedua Kelas Sampel Tersebut iii Normal Dan Homogeny Sehingga Untuk Pengujian Hipotesis Menggunakan Paired Simple Test (Uji-T), Dengan Taraf Signifikan 0.05 (5%) Yakni Diperoleh 0,000 < 0,05 Yang Menyatakan H0 Ditolak Dan H1 Diterima Sehingga Dapat Ditarik Kesimpulan Bahwa Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Dari Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahamn Konsep Matematika Peserta Didik Kelas Iv Sdn 1 Sridadi Tanggamus Kata Kunci : Realistic Mathematic Education, Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran iv ABSTRACT The Ability To Understand Mathematical Concepts Is Very Necessary In Learning Mathematics. A Good Understanding Of The Concept Becomes The Basis For Developing Subsequent Material. Based On The Results Of The Pre-Research Conducted, The Problem Behind This Research Is That Students' Understanding Of Mathematics Is Still Low. Therefore, To Overcome These Problems, Additional Varied Learning Models Are Needed So That Students Become More Active, Motivating And Can Improve Students' Understanding Of Mathematical Concepts In Mathematics Learning. This Can Be Seen In The Scores Obtained By Class Iv Students From Sdn 1 Sridadi Tanggamus. In The Pre-Research, The Percentage Was 82% For Students Who Got Scores Above The Kktp And 18% Of Students Who Got Scores Below The Kktp. Therefore, Researchers Conducted Research Using The Realistic Mathematical Education Learning Model. The Formulation Of This Research Is Whether There Is An Influence Of The Realistic Mathematic Education Learning Mode On The Understanding Of Mathematical Concepts Of Class Iv Students At Sdn 1 Sridadi. The Aim Of This Research Is To Determine The Influence Of The Realistic Mathematic Education Learning Model On The Understanding Of Mathematical Concepts Of Class Iv Students At Sdn 1 Sridadi. This Research Is A Quantitative Experimental Research, Namely True Experimental Design. This Type Of Research Uses Pretest And Posttest Methods In Experimental Classes And Control Classes. This Research Was Carried Out At Sd Negeri 1 Sridadi Tanggamus Using A Sampling Technique, Namely The Cluster Random Sampling Technique. The Sampling In This Study Consisted Of Two Class Groups Including The Experimental Class And The Control Class. Where The Experimental Class Is Class Iv B And The Control Class Is Class Iv A. With Data Collection Techniques Using Tests. Books Obtained From Books About Realistic Mathematics Education Models On Students' Understanding Of Mathematical Concepts. Based On The Data Processing Of The Results Of The Normality And Homogeneity Test Analysis, It Was Found That The Two Sample Classes Were Normal And Homogeneous, So That For Hypothesis Testing We Used A Paired Simple Test (T-Test), With A v Significant Level Of 0.05 (5%), Namely 0.000 < 0.05, Which States That H0 Rejected And H1 Accepted So That The Conclusion Can Be Drawn That There Is A Significant Influence Of The Realistic Mathematical Education Learning Model On The Understanding Of Mathematical Concepts Of Class Iv Students At Sdn 1 Sridadi Tanggamus Keywords: Realistic Mathematical Education, Understanding Mathematical Concepts, Learning Model

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Nov 2023 04:06
Last Modified: 08 Nov 2023 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31013

Actions (login required)

View Item View Item