PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERHADAP HASIL PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V SD/MI

DINDA, ESTINING WIDOWATI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERHADAP HASIL PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DINDA ESTINNING WIDOWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini, merupakan penelitian pengembangan puzzle berbasis aplikasi android pada materi sistem peredaran darah manusia terhadap hasil pemahaman peserta didik kelas V SD/MI. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kelayakan media dan materi, untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik setelah menggunakan media puzzle berbasis android ini. Serta berupaya untuk memperoleh hasil pemahaman sistem peredaran darah manusia kelas V SD/MI. Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan metode Reseach and Development (R&D) dengan mengacu pada tahapan model Borg and Gall yang kemudian dibatasi menjadi tujuh langkah dari sepuluh langkah, yang mencakup potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk media puzzle berbasia android pada materi sistem peredaran darah manusia sangat baik dan layak digunakan sebgai media pembelajaran. Hal ini didasarkan dengan memperoleh rata-rata ahli media sebelum direvisi mencapai 60 % dikategorikan cukup, setelah direvisi mencapai peningkatan 86% dengan kategori “sangat baik”. Penilaian oleh ahli materi mencapai 90,7% dengan kategori “sangat baik”. Respon pendidik dari SD N 1 Sumberagung dan SD N 3 Kresnomulyo mencapai persentase 94% diketegorikan “sangat baik”. Sedangkan penilaian yang diberikan oleh peserta didik dalam uji coba skala kecil mencapai 90,9% dam uji coba skala besar mencapai 93,9% dengan dikategorikan “sangat baik”. Adapun penilaian mengenai pemahaman peserta didik sebelum menggunakan dalam uji skala kecil dengan jumlah tujuh belas mendapat peningkatan mulai 74,1 menjadi rata-rata nilai 78,1 dan uji skala besar dengan dua puluh peserta didik mengalami peningkatan dari rata-rata 72,7 menjadi 78,7. Maka dapat dikatakan bahwa media dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Kata Kunci: Media Pembelajarab, Puzzle, Hasil Pemahaman iv ABSTRACK This research is research into the development of an Android application�based puzzle on the human circulatory system material on the understanding results of class V SD/MI students. This research aims to find out the level of suitability of the media and materials, to find out the response of educators and students after using this Android-based puzzle media. As well as trying to obtain results of understanding the human circulatory system for class V SD/MI. The research carried out by the author used the Research and Development (R&D) method by referring to the stages of the Borg and Gall model which was then limited to seven steps out of ten, which include potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, testing. try the product, and revise the product. The results of this research indicate that the Android-based puzzle media product on human circulatory system material is very good and suitable for use as learning media. This is based on obtaining an average of media experts before the revision reached 60% categorized as sufficient, after the revision reached an increase of 86% in the "very good" category. The assessment by material experts reached 90.7% in the "very good" category. The response from educators from SD N 1 Sumberagung and SD N 3 Kresnomulyo reached a percentage of 94% which was categorized as "very good". Meanwhile, the assessment given by students in small-scale trials reached 90.9% and large�scale trials reached 93.9%, categorized as "very good". As for the assessment regarding students' understanding before using it, the small-scale test with a total of seventeen received an increase from 74.1 to an average score of 78.1 and the large-scale test with twenty students experienced an increase from an average of 72.7 to 78. .7. So it can be said that media can increase students' understanding. Keywords: Learning Media, Puzzle, Comprehension Results

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:36
Last Modified: 08 Nov 2023 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31010

Actions (login required)

View Item View Item