PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (Prediction, Observation, and Explanation) DISERTAI DIAGRAM ROUNDHOUSE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN RETENSI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Sandy, Mira (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (Prediction, Observation, and Explanation) DISERTAI DIAGRAM ROUNDHOUSE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN RETENSI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA AL AZHAR 3 Bandar Lampung. Inti model pembelajaran POE (Prediction, Observation, And Explanation) disertai diagram roundhouse yaitu aktivitas belajar siswa untuk memahami proses dan keterampilan proses sains dengan 3 tahapan utama yaitu memprediksi, melakukan percobaan, dan menjelaskan hasil percobaan dengan menggunakan tekhnik diagram roundhouse dalam mempresentasikan hasil percobaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model POE (Prediction, Observation, And Explanation) disertai diagram roundhouse terhadap keterampilan proses sains dan retensi peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi di SMA AL AZHAR 3 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian faktorial 2x4. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA AL AZHAR 3 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling, dimana kelas XI IPA 1 merupakan kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 merupakan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes keterampilan proses sains berupa soal multiple choice. Pengujian hipotesis menggunakan analisis data dengan uji statistik anava dua jalur (two ways anova), dengan taraf signifikasi 5%. Taraf signifikansi 0,05, Fa (Sig) < 0,05 (Alfa)= signifikansi, Fa 0,00 < 0,05 dengan demikian bahwa H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran POE (Prediction, Observation, And Explanation) disertai diagram roundhouse dengan kelas yang menggunakan model Direct Instruction, terdapat perbedaan keterampilan proses sains menggunakan model pembelajaran POE (Prediction, Observation, And Explanation) disertai diagram roundhouse pada peserta didik yang memiliki retensi tinggi, sedang, dan rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 29 Jan 2018 03:42
Last Modified: 29 Jan 2018 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3101

Actions (login required)

View Item View Item