KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MAHASISWA PGMI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Julia, Agustina (2023) KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MAHASISWA PGMI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI JULIA AGUSTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan literasi numerasi adalah kemampuan seseorang dalam memecahkan suatu permasalahan pada konteks kehidupan sehari-hari, dengan melibatkan pengetahuan dan kecakapan matematis yang dimiliki untuk melakukan penalaran berupa analisis terhadap informasi-informasi yang ditampilkan sehingga dapat diperoleh keputusan yang tepat dalam penyelesaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi mahasiswa PGMI UIN Raden Intan Lampung dalam menyelesaikan masalah matematika. Metode penelitian ialah metode analisis deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah tes uraian pada materi pola bilangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 91 mahasiswa PGMI angkatan 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi mahasiswa PGMI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2020 dalam menyelesaikan masalah matematika adalah cukup dalam mengunakan berbagai macam angka atau symbol untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari serta menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk seperti grafik, tabel, bagan, diagram dan lain sebagainya. Hal ini ditunjukan pada hasil hanya 22,09% mahasiswa mampu mengunakan berbagai macam angka dan symbol pada indikator pertama, 13,08% mahasiswa mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk pada indikator ke dua dan hanya 4,36% yang memiliki kemampuan dalam menafsirkan seluruh analisis pertanyaan untuk mengambil keputusan yang tepat pada indikator ke tiga. Kata kunci : literasi numerasi, matematika, masalah matematika iii ABSTRACT Numerical literacy ability is a person's ability to solve a problem in the context of everyday life, by involving the knowledge and mathematical skills possessed to do reasoning in the form of analyzing the information displayed so that the right decision can be obtained in its completion. This study aims to describe the numeracy literacy skills of PGMI UIN Raden Intan Lampung students in solving mathematical problems. The research method is a qualitative descriptive analysis method. The instrument used to collect data is a description test on number pattern material. The subjects in this study were 91 PGMI students class of 2020. The results showed that the numeracy skills of PGMI UIN Raden Intan Lampung students class of 2020 in solving mathematical problems were sufficient to use various kinds of numbers or symbols to solve problems in everyday life and analyze information displayed in various forms such as graphs, tables, charts, diagrams and so on. This is shown in the results that only 22.09% of students are able to use various kinds of numbers and symbols in the first indicator, 13.08% of students are able to analyze the information displayed in various forms in the second indicator and only 4.36% have the ability to interpret all analysis questions to make the right decisions on the third indicator. Keywords: numeracy literacy, mathematic, mathematical problem

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:14
Last Modified: 08 Nov 2023 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31008

Actions (login required)

View Item View Item