PERAN SANGGAR BUDAYA BANDAKH MAKHGA DALAM NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Pada Masyarakat Tiyuh Sukadanaham Kota Bandar Lampung)

PUTRI, PUJA OKTARIA (2023) PERAN SANGGAR BUDAYA BANDAKH MAKHGA DALAM NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Pada Masyarakat Tiyuh Sukadanaham Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya nilai-nilai pendidikan karakter pada generasi muda di Bandar Lampung bisa diatasi dengan tempat pembinaan yang tepat. Sanggar Budaya Bandakh Makhga membantu membina dan memperkuat pemahaman serta pengamalan nilai-nilai Pendidikan Karakter di masyarakat. Melalui kegiatan yang mereka adakan, sanggar ini mengintegrasikan nilai-nilai Islam tentang akhlak, moral, etika, dan ajaran agama Islam secara praktis melalui pengalaman seni dan budaya ke dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran sanggar budaya bandakh makhga dalam nilai-nilai pendidikan karakter dan menjelaskan metode yang digunakan di Sanggar Budaya Bandakh Makhga dalam nilai-nilai Pendidikan Karakter pada peserta pada peserta di Sukadanaham. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada peran sanggar budaya Bandakh Makhga dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Karakter pada peserta di Sukadanaham. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola Milles dan Huberman yang terdiri-dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Sanggar Budaya Bandakh Makhga memiliki peran yang signifikan dalam pembinaan nilai-nilai Pendidikan Karakter pada peserta di Sukadanaham Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan oleh Sanggar Budaya Bandakh Makhga dalam pembinaan nilai-nilai Pendidikan Karakter terdiri dari beberapa pendekatan yang efektif. Pendekatan partisipatif melibatkan peserta secara aktif dalam kegiatan dan memberikan mereka kesempatan untuk berkontribusi dalam proses pembelajaran. Pendekatan holistik memungkinkan peserta untuk memperoleh pemahaman yang menyeluruh tentang ajaran Islam melalui pengembangan keterampilan seni dan olahraga. Pendekatan role model memberikan contoh nyata bagi peserta tentang bagaimana menerapkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan experiential learning memberikan pengalaman langsung kepada peserta untuk menginternalisasi nilai-nilai tersebut melalui pengalaman praktis. Dan pendekatan individualisasi memberikan perhatian yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta secara individual. Kombinasi metode tersebut memberikan pendekatan yang komprehensif dan menarik bagi peserta dalam iii pembinaan nilai-nilai pendidikan Karakter. Melalui motode dan pendekatan tersebut Sanggar Budaya Bandakh Makhga berperan signifikan dalam pembinaan nilai-nilai Pendidikan Karakter Islam pada peserta. Kata kunci: Peran, Sanggar Bandakh Makga, Nilai Pendidikan Karakter. iv ABSTRACT The low values of character education in the younger generation in Bandar Lampung can be overcome with the right training place. Bandakh Makhga Cultural Studio helps foster and strengthen understanding and practice of Character Education values in society. Through the activities they hold, this studio integrates Islamic values regarding morals, morals, ethics and Islamic religious teachings practically through artistic and cultural experiences into people's daily lives. The purpose of this research is to determine the role of the Bandakh Makhga Cultural Studio in character education values and explain the methods used at the Bandakh Makhga Cultural Studio in character education values for participants in Sukadanaham. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. This research focuses on the role of the Bandakh Makhga cultural studio in instilling the values of Character Education in participants at Sukadanaham. Data collection uses observation methods, interview methods, and documentation methods. The data analysis technique used in this research is the Milles and Huberman pattern which consists of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the research show that the Bandakh Makhga Cultural Studio has a significant role in fostering Character Education values among participants in Sukadanaham, Bandar Lampung City. The method used by the Bandakh Makhga Cultural Studio in fostering Character Education values consists of several effective approaches. The participatory approach actively involves participants in activities and gives them the opportunity to contribute to the learning process. The holistic approach allows participants to gain a thorough understanding of Islamic teachings through the development of artistic and sporting skills. The role model approach provides real examples for participants on how to apply character values in everyday life. The experiential learning approach provides direct experience for participants to internalize these values through practical experience. And an individualized approach provides attention that is appropriate to the needs and development of individual participants. This combination of methods provides a comprehensive and interesting approach for participants in developing character education values. Through these methods and approaches, the Bandakh Makhga v Cultural Studio plays a significant role in fostering the values of Islamic Character Education in participants. Keywords: Role, Bandakh Makga Studio, Value of Character Education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:01
Last Modified: 07 Nov 2023 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31005

Actions (login required)

View Item View Item