PENGEMBANGAN DESAIN DIDAKTIS BAHAN AJAR BERNUANSA ISLAMI DAN LINGKUNGAN MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

Muhammad, Septeo Wahyudi (2023) PENGEMBANGAN DESAIN DIDAKTIS BAHAN AJAR BERNUANSA ISLAMI DAN LINGKUNGAN MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SEPTEO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN DESAIN DIDAKTIS BAHAN AJAR BERNUANSA ISLAMI DAN LINGKUNGAN MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP Oleh Muhammad Septeo Wahyudi Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk melalui pengembangan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika dengan desain didaktis bernuansa islam pada materi aljabar untuk siswa kelas VII dan untuk mengetahui pemahaman konsep serta efektivitas modul yang telah dihasilkan. Metode dalam penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap pengembangan yaitu (1) Analisis (2) perencanaan (3) Pengembangan Produk (4) Penerapan dan (5) Evaluasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepaa ahli materi, ahli bahasa, ahli agama dan ahli media untuk mengetahui kualitas produk, dan diberikan kepada siswa dan guru untuk mengetahui kemenarikan produk yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari para ahli dinyatakan bahwa bahan ajar (modul) pembelajaran matematika dengan desain didaktis bernuansa islam yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan. menurut hasil validasi dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan ahli agama didapat kriteria sangat valid dan Respon siswa dan guru terhadap kelayakan Bahan ajar (modul) pembelajaran matematika dengan desain didaktis bernuansa islam memperoleh kriteria sangat baik dilihat dari hasil angket yang telah diambil, dan membantu siswa untuk belajar lebih mandiri dan nyaman dalam proses belajar. Serta didapat nilai yang signifikan antara kelas control dan kelas eksperimen sehingga modul pembelajaran matematika dengan desain didaktis bernuansa islam dinyatakan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Siswa sangat tertarik dengan bahan ajar (modul) pembelajaran matematika dengan desain didaktis bernuansa islam ini iv serta dapat mengatasi hambatan yang dialami oleh siswa. Hal ini berarti bahan ajar pembelajaran menggunakan modul pokok bahasan aljabar yang peneliti kembangkan layak digunakan pada pembelajaran matematika. Kata Kunci: Bahan Ajar, Modul, Pemahaman Konsep, dan Aljabar v ABSTRACT DEVELOPMENT OF DIDACTIC DESIGN OF TEACHING MATERIALS WITH ISLAMIC NUANCES AND ENVIRONMENTAL FORM OF ALGEBRAIC MATERIALS TO IMPROVE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' UNDERSTANDING OF CONCEPTS By Muhammad Septeo Wahyudi The aim of this research is to produce products through the development of teaching materials in the form of mathematics learning modules with didactical designs with Islamic nuances in algebra material for class VII students and to determine understanding of the concepts and effectiveness of the modules that have been produced. The method in this research is R&D with the ADDIE development model with 5 development stages, namely (1) Analysis (2) planning (3) Product Development (4) Implementation and (5) Evaluation. The data collection instrument used was a questionnaire given to material experts, language experts, religious experts and media experts to determine product quality, and given to students and teachers to determine the attractiveness of the product being developed. Based on data analysis obtained from experts, it was stated that the mathematics learning teaching materials (modules) with didactic designs with Islamic nuances developed by researchers were suitable for use. according to the validation results from material experts, media experts, language experts and religious experts, the criteria were found to be very valid and the responses of students and teachers regarding the suitability of teaching materials (modules) for mathematics learning with a didactic design with Islamic nuances obtained very good criteria as seen from the results of the questionnaire that had been taken, and help students to learn more independently and comfortably in the learning process. And significant scores were obtained between the control class and the experimental class so that the mathematics learning module with a vi didactic design with Islamic nuances was stated to be able to increase students' understanding of concepts. Students are very interested in the mathematics learning teaching materials (modules) with a didactic design with Islamic nuances and can overcome the obstacles experienced by students. This means that the learning teaching materials using the algebra subject module that the researchers developed are suitable for use in mathematics learning. Keywords: Teaching Materials, Modules, Concept Understanding, and Algebra

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:39
Last Modified: 07 Nov 2023 08:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31003

Actions (login required)

View Item View Item