ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA SD NEGERI 2 CANDI REJO

NAUFAL, LUTHFI (2023) ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA SD NEGERI 2 CANDI REJO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi NAUFAL LUTHFI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA SD NEGERI 2 CANDI REJO Oleh: NAUFAL LUTHFI 1811100219 ABSTRAK Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini merupakan penelitian yang berfokuskan pada penelitian pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam pengembangan karakter siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Candi Rejo. Dengan hasil penelitian menjelaskan bahwa proses pembelajaran dalam membangun karakter siswa alat atau media yang digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga sudah terlaksana dengan baik baik pada saat proses pembelajaran maupun diluar proses pembelajaran. Dengan terlaksana nya penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran PJOK ini memberi manfaat positif bagi lingkungan sekolah, sehingga dapat terciptanya siswa yang berkarakter. pendidikan jasmani Karakter jujur, disiplin, sportif. tanggung jawab, dan kerjasama dapat dibangun melalui pendidikan jasmani dan olahraga. Pengembangan karakter tidak cukup melalui pengetahuan, tetapi harus dilakukan melalui tiga tahap yaitu: tahap pengetahuan, pelaksanaan, dan kebiasaan. Pengembangan karakter melalui Pendidikan Jasmani dan Olahraga selaras dengan pendapat yang dikemukakan oleh yang mementingkan keseimbangan antara moral knowing, moral feeling, dan moral action. Penggunaan alat dan media dan metode juga juga sudah cukup untuk meningkatkan karakter siswa, metode yang efektif digunakan dalam peningkatan karakter ini iyalah pola permainan kelompok kecil, karena dengan begitu peserta didik jadi bisa bekerja sama dengan kelompoknya. Kata kunci : Analisis pembelajaran, PJOK, Karakter siswa iii ANALYSIS OF PHYSICAL EDUCATION, SPORTS AND HEALTH (PJOK) LEARNING IN BUILDING CHARACTER OF STUDENTS OF PRIMARY SCHOOL NEGERI 2 CANDI REJO By: NAUFAL LUTHFI 1811100219 ABSTRACT This research is a type of descriptive qualitative research, this research is research that focuses on physical education, sports and health research in developing student character. This research was conducted at SDN 2 Candi Rejo. The results of the research explain that the learning process in building student character, the tools or media used in the physical education and sports learning process have been implemented well both during the learning process and outside the learning process. By implementing character education through PJOK learning, it provides positive benefits for the school environment, so that students with character can be created. physical education Honest, disciplined, sportsmanlike character. responsibility, and cooperation can be built through physical education and sports. Character development is not enough through knowledge, but must be done through three stages, namely: knowledge, implementation, and habits. Character development through physical education and sports is in line with the opinions expressed by those who emphasize the balance between moral knowing, moral feeling and moral action. The use of tools and media and methods is also sufficient to improve students' character. An effective method used to improve this character is the small group game pattern, because that way students can work together with their group. Keywords: Learning analysis, PJOK, student character

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:28
Last Modified: 07 Nov 2023 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31002

Actions (login required)

View Item View Item