PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENGELOLA EMOSI DIRI DI SMPN 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Angela , Nia Prisna (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENGELOLA EMOSI DIRI DI SMPN 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermula pada remaja yang cendrung memiliki emosi yang tidak stabil, dari emosi remaja yang cenderung tidak stabil dan mempengaruhi terhadap aktivitas remaja, perubahan fisiologis dan kecenderungan bertindak sehingga perkembangan emosi remaja perlu diarahkan untuk dapat mencapai kemampuan mengelola emosi dengan baik. Oleh karena itu, untuk mengembangkan kemampuan mengelola emosi diperlukan suatu layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan menggunakan teknik role playing dalam mengelola emosi diri peserta didik kelas VIII di SMPN 11 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 11 Bandar Lampung, yang berjumlah 32 orang, dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 16 dan kelompok kontrol 16. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Uji validitas instrumen menggunakan validity construct, sedangkan uji reliabilitas instrument menggunakan teknik Cronbach Alpha dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,899. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS dengan teknik analisis uji t Independent. Berdasarkan hasil pengujian selisih skor pretest-posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol diketahui bahwa teknik role playing dapat meningkatkan kemampuan mengelola emosi diri. Hal ini terbukti dari nilai thitung sebesar 2.046 ≥ ttabel sebesar 2.042 dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 ≤ 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan mengelola emosi antara kelompok eksperimen yang diberi treatment dan kelompok kontrol yang tidak diberi treatment dengan menggunakan teknik role playing. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh konseling kelompok menggunakan teknik role playing dalam mengelola emosi diri peserta didik kelas VIII di SMPN 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 08 Mar 2017 04:28
Last Modified: 08 Mar 2017 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item