PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V MIN 10 BANDAR LAMPUNG

Nurul, Aini (2023) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURUL AINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan pada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang masih rendah pada mata pelajaran Matematika, karena peserta didik masih kesulitan dalam menyelesaikan masalah. Kondisi pembelajaran dengan peserta didik yang kurang terlibat dalam pembelajaran, berpengaruh terhadap kondisi pemecahan masalah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pakah terdapat pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, desain yang digunakan adalah Quasy Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sebagai sampel, kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh thitung < ttabel. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai signifikansi 2-tailed = 0,00, nilai signifikan = 0,05 sehingga H0 ditolak, dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Pemecahan Masalah. iv ABSTRACT This research was motivated by the problem of students' low problem solving abilities in Mathematics subjects, because students still had difficulty solving problems. Learning conditions with students who are less involved in learning influence problem solving conditions. The formulation of the problem in this research is whether there is an influence of the Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach on the mathematics problem solving abilities of class V MIN 10 Bandar Lampung. The aim of this research is to find out whether there is an influence of the Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach on the mathematics problem solving abilities of class V MIN 10 Bandar Lampung. This research is a type of quantitative research, the design used is Quasy Experiment. The population in this study was all class V MIN 10 Bandar Lampung. This research used 2 classes as samples, class VA as the experimental class and class VB as the control class. Data collection tools use tests. Based on the results of research and data processing, tcount < ttable. The results of this research obtained a 2- tailed significance value = 0.00, a significant value = 0.05 so that H0 was rejected, it can be concluded that there is an influence of the PMRI approach on the mathematics problem solving abilities of class V MIN 10 Bandar Lampung. Keywords: learning approach, Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI), problem solving ability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:11
Last Modified: 07 Nov 2023 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30999

Actions (login required)

View Item View Item