PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAJALAH ILMU ALAM BERBASIS MODERASI BERAGAMA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD/MI

ISMAIL, Warso (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAJALAH ILMU ALAM BERBASIS MODERASI BERAGAMA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skripsi ismail.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pada saat proses pembelajaran di kelas dalam menggunakan sebuah media sepertinya pendidik sudah paham dengan baik, tetapi kenyataanya Jika dicermati dari segi media, penggunaanya masih kurang beragam. Dalam lingkungan sekolah kita tidak hanya belajar tentang materi pembelajaran saja, kita diharuskan juga belajar mengenai nilai-nilai yang penting dalam kehidupan bermasyarakat, nilai-nilai yang perlu diajarkan sejak dini yaitu seperti nilai-nilai toleransi dan menghargai sesama manusia khususnya dalam kehiduapan beragama atau yang bisa kita sebuat sebagai moderasi beragama. Moderasi beragama sangat penting di sekolah, bukan hanya karena merupakan komponen dari program prioritas kementerian agama, tetapi juga karena salah satu kualitas yang harus dimiliki setiap orang untuk memenuhi kewajiban sosialnya dalam masyarakat multikultural. Menggunakan media yang sesuai akan membuat kegiatan pendidikan lebih berdampak di ruang kelas, dan dengan menggunakan media akan membantu peserta didik memahami materi dengan lebih mudah, karena proses belajar dibantu dengan media tersebut. Penggunaan media pembelajaran majalah diharapkan menjadi sesuatu yang berbeda pada kegiatan belajar mengajar sehingga muncul keinginan para peserta didik untuk terus membaca. Majalah ialah sebuah media yang memiliki sifat yang ringan dan tidak sulit untuk dipahami karena itu majalah bisa membuat ketertarikan dari segala usia untuk membacanya. Dalam melakukan penelitian pengembangan majalah ini menggunakan model ADDIE. Karena model ADDIE sering digunakan untuk mendefinisikan pendekatan sistematis untuk pengembangan instruksional, oleh karena itu model ini dipilih. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE memiliki beberapa tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Validasi kelayakan dilaksanakan oleh tim validator yang terdiri dari dua ahli bahasa, dua ahli materi, dan dua ahli media. Uji lapangan terdiri dari uji skala kecil yang terdiri dari 20 peserta didik (10 peserta didik kelas V MIN 2 Bandar Lampung dan 10 peserta didik SDN 1 Durian Payung, Bandar Lampung). Sedangkan iv uji skala besar terdiri dari 55 peserta didik yaitu 35 peserta didik kelas V MIN 2 Bandar Lampung dan 20 peserta didik kelas V SDN 1 Durian Payung, Bandar Lampung. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran majalah ilmu alam berbasis moderasi beragama memperoleh nilai rata-rata ahli materi 85% dengan kriteria sangat layak, rata-rata dari ahli bahasa 90% dengan kriteria sangat layak, dan rata-rata dari ahli media 92% dengan kriteria sangat layak dan dinyatakan layak untuk diujicobakan. Sedangkan rata-rata penilaian yang diberikan oleh pendidik adalah 89% dengan kategori sangat layak untuk digunakan. Dan penilaian dari peserta didik pada skala kecil adalah 89% dan skala besar memperoleh 93% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hal tersebut maka media pembelajaran majalah ilmu alam berbasis moderasi beragama layak digunakan dalam proses pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Kata kunci: Media Pembelajaran, Majalah, Moderasi Beragama v ABSTRACT During the learning process in class, the use of media seems like the teacher already understands it well, but in reality, if we look closely at the media, the use is still less diverse. In the school environment we not only learn about learning material, we are also required to learn about values that are important in social life, values that need to be taught from an early age, namely the values of tolerance and respect for fellow human beings, especially in religious or religious life. we can call it religious moderation. Religious moderation is very important in schools, not only because it is a component of the ministry of religion's priority programs, but also because it is one of the qualities that every person must have to fulfill his social obligations in a multicultural society. Using appropriate media will make educational activities more impactful in the classroom, and using media will help students understand the material more easily, because the learning process is assisted by the media. The use of magazine learning media is expected to be something different in teaching and learning activities so that students want to continue reading. Magazines are media that are light in nature and not difficult to understand, therefore magazines can interest people of all ages in reading them. In conducting research on the development of this magazine, the ADDIE model was used. Because the ADDIE model is often used to define a systematic approach to instructional development, this model was chosen. Research conducted using the ADDIE development model has several stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. Feasibility validation is carried out by a validator team consisting of two language experts, two material experts and two media experts. The field test consisted of a small�scale test consisting of 20 students (10 students of class V MIN 2 Bandar Lampung and 10 students of SDN 1 Durian Payung, Bandar Lampung). Meanwhile, the large-scale test consisted of 55 students, namely 35 class V students at MIN 2 Bandar Lampung and 20 class V students at SDN 1 Durian Payung, Bandar Lampung. vi Based on the analysis of research results, it can be concluded that the development of natural science magazine learning media based on religious moderation received an average score from material experts of 85% with very appropriate criteria, an average of 90% from language experts with very appropriate criteria, and an average of 90% from media experts. 92% met the criteria as very feasible and declared suitable for testing. Meanwhile, the average rating given by educators is 89% with the category very suitable for use. And the assessment from students on a small scale was 89% and on a large scale it was 93% with a very decent category. Based on this, the natural science magazine learning media based on religious moderation is suitable for use in the learning process both at school and at home. Keywords: Learning Media, Magazines, Religious Moderation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Nov 2023 06:55
Last Modified: 07 Nov 2023 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30996

Actions (login required)

View Item View Item