PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUSSALAM, SIRING BALAK PESISIRBARAT PROVINSI LAMPUNG

YUNI, RAFITA (2023) PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUSSALAM, SIRING BALAK PESISIRBARAT PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI YUNI RAFITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya menejemen kelas yang baik di Madrasah Aliyah Darussalam Siring Balak, Peisisr Barat Provinsi Lampung, hal tersebut di latar belakangi dengan tenaga pendidik, keterampilan tenaga pendidik ( guru) baik secara fisik maupun emosional. Menejemen kelas dapat menumbuhkan adanya motivasi berprestasi di Madrasah Aliyah Darussalam mendorong dalam minat dan mempelajari minat-minat sehingga memperoleh sebuah prestasi belajar dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh menejemen kelas terhadap motivasi berprestasi di Madrasah Aliyah Darussalam Siring Balak, Pesisir Barat Provinsi Lampung. Pada penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti adalah jenis kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan meliputi kuesioner atau angket, dokumentasi. Dalam penelitian ini memiliki jumlah populasi 184 siswa, dan terdapat 74 sampel responden siswa, dengan menyebarkan angket sebanyak 19 pertanyaan/penyataan. Motivasi Berprestasi sebagai variable terikat (Y). teknik analisis data menggunakan uji-t satu sampel, uji regresi linier sederhana. Madrasah Aliyah Darussalam. Berdasarkan hasil Uji Coefficients ( correlation atau hipotesis) diperoleh nilai signfikasi 0,160 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variable X tidak mempengaruhi Variabel Y. dengan nilai koefesiensi korelasi ( R-hitung) sebesar 0, 165 dan R Squer 0,027 yang artinya 2,7 % menejemen kelas mempengaruhi Motivasi Berprestasi dan 97,3 % lainya di pegaruh oleh faktor lainya seperti tingkah laku dan karakteristik, harapan orang tua, lingkungan, penekanan kemandirian. Penelitian ini merekomendasikan Setelah penulis mengemukakan paparan diatas, maka penulis akan mengemukakan merekoendasikan saran, sebagai harapan yang inggin dicapai sekaligus sebagai kelengkapan dalam menyusun skripsi adalah sebagai berikut : kepada kepala sekolah agar selalu memberikan iii dukungan serta pengarahan untuk guru-guru dalam menjalankan tugas yang diemban. Kepada tenaga pendidik agar lebih memerhatikan potensi dari siswanya, menggalih lebih dalam lagi peserta didik. Untuk penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dan masukan lagi dalam penelitian yang relevan. Kata kunci : Menejemen Kelas, Motivasi Berprestasi, Madrasah Aliyah Darussalam Siring Balak, Pesisir Barat Provinsi Lampung iv ABSTRACT The problem in this research is the lack of good classroom management at Madrasah Aliyah Darussalam Siring Balak, West Coast Lampung Province, this is based on the teaching staff, the skills of the teaching staff (teachers) both physically and emotionally. Class management can foster achievement motivation at Madrasah Aliyah Darussalam, encouraging interest and studying interests so as to obtain maximum learning achievement. This research aims to determine whether there is an influence of class management on achievement motivation at Madrasah Aliyah Darussalam Siring Balak, West Coast, Lampung Province. The research carried out by researchers is of a quantitative type with research methods used including questionnaires, documentation. In this study, the population was 184 students, and there were 74 sample student respondents, by distributing a questionnaire with 19 questions/statements. Achievement Motivation as the dependent variable (Y). Data analysis techniques use one sample t-test, simple linear regression test. Madrasah Aliyah Darussalam. Based on the results of the Coefficients Test (correlation or hypothesis), a significance value of 0.160 > 0.05 was obtained, so it can be concluded that variable 7% of class management influences Achievement Motivation and the other 97.3% is influenced by other factors such as behavior and characteristics, parental expectations, environment, emphasis on independence. This research recommends that after the author has presented the explanation above, the author will suggest recommendations as a hope to be achieved as well as completeness in preparing the thesis, which are as follows: 1. to the school principal to always provide support and direction to teachers in carrying out their duties. 2. For teaching staff to pay more attention to the potential of their students, to dig deeper into students. 3. For further research, the results of this research can be used as a reference and further input into relevant research. Keywords: Class Management, Achievement Motivation, Madrasah Aliyah Darussalam Siring Balak, West Coast, Lampung Provinc

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Nov 2023 06:44
Last Modified: 07 Nov 2023 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30995

Actions (login required)

View Item View Item