UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 TANJUNG SARI TANJUNG BINTANG, LAMPUNG SELATAN

SAHNIA, MELIANI (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 TANJUNG SARI TANJUNG BINTANG, LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan adalah hak asasi individu bagi anak bangsa, yang telah tertulis dalam pasal 31 ayat (1) UUD 1945 mengatakan bahwa seluruh warga negara bangsa Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan yang sama. Bahkan dalam ayat (3) pemerintah juga berupaya dalam menyelenggarakan sistem pendidikan nasional demi mewujudkan bangsa yang berpendidikan yang telah diatur dalam undang-undang. Pendidikan dalam konteks Islam tidak terbatas pada aspek kognitif/pengetahuan saja, akan tetapi pendidikan juga meliputi aspek afektif/sikap yang dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga derajatnya dapat terangkat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berisikan analisis-analisis dan penjabaran akan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Tanjung Sari, dimana hasil belajar dilihat dari hasil ulangan harian mata pelajaran pendidikan Agama Islam peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Sari, penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara langsung kepada peserta didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjung Sari mengenai pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeeri 1 Tanjung Sari dengan menggunakan pertanyaan-pertanyan yang berjumlah 10 pertanyaan. Hasil penelitian menyatakan bahwa untuk meningkatan hasil belajar peserta didik dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, game, dan hapalan. Sesuai dengan silabus sehingga siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran dikelas dan bersemangat untuk belajar serta mendapatkan Nilai yang baik. Sedangkan, penghambat guru dalam menyampaikan pembelajaran yaitu sarana dan prasarana disekolah yang masih minim, masih tertinggal dari sekolah lain dan fasilitas yang kurang, sehingga pembelajaran masih kurang efektif dan sekolah masih berada di pedalaman dan sulit dijangkau serta sulit untuk akses internet. Kata Kunci: Upaya, Guru Pendidikan, Hasil Belajar iii ABSTRACT Education is an individual human right for the nation's children, which has been written in article 31 paragraph (1) of the 1945 Constitution which states that all citizens of the Indonesian nation have the right to receive the same education. Even in paragraph (3) the government also seeks to organize a national education system in order to create an educated nation that has been regulated in law. Education in the context of Islam is not limited to cognitive/knowledge aspects, but education also includes affective/attitude aspects that can be realized in everyday life so that the degree can be raised. This research is a qualitative research which contains analyzes and elaborations on student learning outcomes at SMPN 1 Tanjung Sari, where learning outcomes are seen from the results of daily tests for Islamic Religious Education subjects for Class VII Students of SMP N 1 Tanjung Sari. This research was conducted by conducting direct interviews with Class VII students at SMPN 1 Tanjung Sari regarding PAI learning at SMPN 1 Tanjung Sari using questions totaling 10 questions. The conclusion says that to improve student learning outcomes, lectures, discussions, games, and memorization methods are carried out. In accordance with the syllabus and RRP, and games so that students are not bored in participating in class learning and are eager to learn and get large scores, while the teacher's obstacles in delivering learning are the facilities and infrastructure at school which are still minimal, still lagging behind other schools, and facilities that lacking, so that learning is still not effective, and schools are still in remote rural areas, and difficult to reach, and internet access is lacking. Keywords: effort, teacher education, learning outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Nov 2023 06:32
Last Modified: 07 Nov 2023 06:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30994

Actions (login required)

View Item View Item