PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI CONCEPT MAPPING TECHNIQUE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X MIA DI SMA N 10 BANDAR LAMPUNG

Erniwati, E (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI CONCEPT MAPPING TECHNIQUE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X MIA DI SMA N 10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_ERNIWATI.pdf] PDF
Download (14MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA N 10 Bandar Lampung diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning masih kurang maksimal, maka berdampak pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Salah satu alternatif model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah model Problem Based Learning (PBL) disertai Concept Mapping Technique. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan untuk melihat besarnya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Concept Mapping Technique terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X MIA di SMA N 10 Bandar Lampung pada materi Protista. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experimental Design, dengan desain penelitian berupa Design Randomized Post Test Only Control Group. Teknik analisis data penelitian ini dengan menggunakan uji T dan uji Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil Uji T-Independent untuk perbedaan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig 0,00 sehingga sig. 2(tailed) ≤ 0,05. Sesuai kriteria Uji TIndependent berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk Uji Regresi Linear Sederhana diperoleh R Square 0,99 artinya Model pembelajaran PBL disertai Concept Mapping Technique berpengaruh sebesar 0,99 sedangkan sisanya sebesar 0,01 dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X MIA di SMA N 10 Bandar Lampung. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Concept Mapping Technique terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X MIA di SMA N 10 Bandar Lampung dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Concept Mapping Technique berpengaruh sebesar 0,99 terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X MIA di SMA N 10 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2018 03:38
Last Modified: 26 Jan 2018 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3099

Actions (login required)

View Item View Item