NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL�HIKMAH WAY HALIM KEDATON BANDAR LAMP

Kholif, Hidayat (2023) NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL�HIKMAH WAY HALIM KEDATON BANDAR LAMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL KHOLIF HIDAYAT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL�HIKMAH WAY HALIM KEDATON BANDAR LAMPUNG Oleh : Kholif Hidayat Pondok Pesantren memiliki peranan yang sangat penting, yaitu selain sebagai tempat untuk belajar ilmu agama Islam, juga sebagai tempat membina mental dan akhlak. Salah satunya adalah pembinaan nilai toleransi dalam pendidikan yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Al-Hikmah. Pembinaan nilai-nilai toleransi dilaksanakan karena munculnya berbagai konflik di Indonesia yang bersumber dari permasalahan antar suku, budaya dan individualis satu sama lain. Untuk itu pembinaan nilai toleransi pendidikan dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Hikmah way halim kedaton Bandar Lampung dengan tujuan untuk mendidik dan membina mental dan akhlak para santri agar menjadi pribadi yang memiliki sikap toleran terhadap adanya perbedaan di dalam kehidupan, khususnya perbedaan perbedaan kecil yang sering muncul dalam kehidupan bermasyarakat karena dari hasil berbagai survei dan riset mengenai kasus intoleransi menujukkan adanya ancaman yang dihadapi oleh generasi muda, yang rentan untuk bersikap intoleran dan mudah untuk terpapar radikalisme. Metode penelitian yang digunaakan dalam penelitian penelitian ini mengggunakan metode deskriptif kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan fakta lalu penarikan kesimpulan. Informasi dalam penelitian ini diperoleh langsung dari kepala Pondok Pesantren dan santri di Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dengan adanya proses Pendidikan ini Pondok Pesantren Al-Hikmah dapat memetakan pelaksanaan kegiatan pendidikan tersebut, dimana proses pembelajaran akan berhasil jika pendidikan direncanakan dan dilakukan dengan matang. Karena pada dasarnya kegiatan bertoleransi merupakan keberhasilan pada tahap pelaksanaan dan evaluasi. Sehingga Pondok Pesantren Al-Hikmah dapat melakukan upaya terssebut guna mencapai tujuan mencapai nilai-nilai toleransi yang telah ditetapkan.Pondok Pesantren memenuhi aspek toleransi kesadaran, hal ini dibuktikan dengan adanya metode baru (khusus nilai toleransi)yang muncul sebagai berikut: Metode guyonan, dalam hal ini diwujudkan dengan sikap lentur atau tidak kaku bagi santri di Pondok Pesantren dengan memenuhi aspek keluasan berfikir dan bertindak memunculkan sebuah kenyamanan dalam kehidupan, indikator ini bisa dibuktikan dengan adanya kemampuan berinteraksi baik dengan pihak manapun. Kata Kunci: Toleransi, Pondok pesantren, Pendidikan. iv ABSTRACT THE VALUES OF TOLERANCE IN EDUCATION AT THE AL-HIKMAH Islamic Boarding School WAY HALIM KEDATON BANDAR LAMPUNG By : Kholif Hidayat Islamic boarding schools have a very important role, namely as a place to study Islamic knowledge, they are also a place to develop mental and morals. One of them is fostering the value of tolerance in education which is carried out by the Al-Hikmah Islamic Boarding School. The development of tolerance values is carried out because of the emergence of various conflicts in Indonesia which originate from problems between tribes, cultures and individualists with each other. For this reason, fostering the value of educational tolerance is carried out at the Al-Hikmah Way Halim Kedaton Bandar Lampung Islamic Boarding School with the aim of educating and developing the mentality and morals of the students so that they become individuals who have a tolerant attitude towards differences in life, especially small differences that often arise. in social life because the results of various surveys and research on cases of intolerance show that there are threats faced by the younger generation, who are vulnerable to being intolerant and easily exposed to radicalism. The research method used in this research uses a qualitative descriptive method and this type of research uses data analysis techniques using data reduction, presenting data and facts and then drawing conclusions. The information in this research was obtained directly from the head of the Islamic Boarding School and students at the Al-Hikmah Islamic Boarding School in Bandar Lampung. Test the validity of the data using source triangulation. The research results show that with this educational process, Al-Hikmah Islamic Boarding School can map the implementation of educational activities, where the learning process will be successful if education is planned and carried out carefully. Because basically tolerance activities are a success at the implementation and evaluation stages. So that the Al�Hikmah Islamic Boarding School can make these efforts to achieve the goal of achieving the tolerance values that have been set. The Islamic Boarding School fulfills the tolerance aspect of awareness, this is proven by the existence of a new method (specifically the value of tolerance) which appears as follows: Joking method, in This is manifested by a flexible or non-rigid attitude for students at Islamic boarding schools by fulfilling aspects of breadth of thought and action that create comfort in life. This indicator can be proven by the ability to interact well with any party. Keywords: Tolerance, Islamic boarding school, Education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:04
Last Modified: 06 Nov 2023 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30982

Actions (login required)

View Item View Item