PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MIN 10 BANDAR LAMPUNG

Niken, Agustin (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan pada peserta didik yang berada dalam kategori sedang untuk kemampuan Critical Thinking pada mata pelajaran IPA, karena peserta didik masih kesulitan dalam menyelesaikan masalah, mengkonstruksikan konsep sederhana, dan cenderung takut serta ragu-ragu untuk untuk bertanya. Kondisi pembelajaran dengan peserta didik yang kurang terlibat dalam pembelajaran, berpengaruh terhadap kondisi Critical Thinking peserta didik yang tergolong rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Time Token berbantuan media Audio Visual terhadap Critical Thinking peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV MIN 10 Bandar Lampung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token berbantuan media Audio Visual terhadap Critical Thinking peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV MIN 10 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV MIN 10 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sebagai sampel, kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVC sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh < atau > . Hasil dari penelitian ini diperoleh = 8,591, 1,995 yaitu 8,591>1,995 sehingga ditolak, dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Time Token berbantuan media Audio Visual terhadap Critical Thinking peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV MIN 10 Bandar Lampung. Kata Kunci : Audio Visual , Critical Thinking, dan Time Token. iv ABSTRACT This study is motivated by the problem of students who lack Critical Thinking in science subjects, because students still have difficulty in solving problems, constructing simple concepts, and tend to be afraid and hesitant to ask questions. Learning conditions with students who are less involved in learning, affect the condition of Critical Thinking of students who are classified as low. The formulation of the problem in this study is whether there is a significant effect of the Time Token learning model assisted by Audio Visual media on Critical Thinking of students in science subjects grade IV MIN 10 Bandar Lampung. The purpose of this study was to determine the effect of the Time Token learning model assisted by Audio Visual media on Critical Thinking of students in Science class IV MIN 10 Bandar Lampung. This research is a type of quantitative research, the design used is Quasi Experiment. The population in this study were all class IV MIN 10 Bandar Lampung. This study used 2 classes as samples, class IVA as the experimental class and class IVC as the control class. Data collection tools using tests. Based on the results of research and data processing obtained < or > . The results of this study obtained = 8.591, = 1.995, namely 8.591> 1.995 so that is rejected, it can be concluded that there is an effect of the Time Token learning model assisted by Audio Visual media on Critical Thinking of students in science subjects class IV MIN 10 Bandar Lampung. Keywords: Audio Visual, Critical Thinking, and Time Token

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:43
Last Modified: 06 Nov 2023 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30979

Actions (login required)

View Item View Item